Berita Sumut Ekonomi Headline Nasional Sumut

Fun Run Bank BTN-USU, Wadirut Nixon Napitupulu Serahkan CSR Dalam Bentuk Sarana Dan Prasarana

MEDAN-Fun Run yang diselenggarakan Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Universitas Sumatera Utara (USU) sekaligus dirangkai dengan penyerahan CSR berupa sarana dan prasarana dengan nilai sebesar Rp.300 juta sebagai bagian dari tanggungjawab sosial dan lingkungan Bank BTN. Fun Run dan penyerahan CSR digelar di depan kantor Biro Rektor USU Jalan Dr. T. Mansyur, Medan, Kamis (11/8/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu, Regional Office Head IV Medan Muhamad Amin Sholeh, Branch Manager BTN Kantor Cabang Medan Carly Tambunan serta jajaran dari Kantor Wilayah IV dan BTN Cabang Medan.

Sementara dari USU dihadiri oleh Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, Wakil Rektor I Dr. Edy Ikhsan, SH, MA, Wakil Rektor II Muhammad Arifin Nasution, S.Sos, MSP, Wakil Rektor III Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan S.Si, M.Si, Apt, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Drs. Opim Salim Sitompul M.Sc, Wakil Rektor V Ir. Luhut Sihombing, MP, para Dekan serta pejabat lainnya.

Diawali dengan fun run dari depan kantor Biro Rektor USU dengan jarak sekitar 6 kilometer dan finish kembali di depan kantor Biro Rektor USU.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan CSR dalam bentul sarana dan prasarana dengan nilai sebesar Rp.300 juta sebagai bagian dari tanggungjawab sosial dan lingkungan Bank BTN kepada USU.

Dalam sambutannya, Rektor USU Muryanto Amin menyampaikan bahwa selama ini kerjasama antara USU dengan Bank BTN sudah terjalin dengan baik. Kegiatan Fun Run ini menjadi salah satu upaya dari kedua belah pihak dalam mempererat tali silaturahmi.

“Kerjasama antara USU dengan BTN sudah terjalin sejak lama. Intinya adalah sama-sama membesarkan. Dalam waktu dekat, USU akan melakukan terobosan dan inovasi, antara lain membangun jogging track dan driving range. Dukungan dari berbagai pihak akan mempercepat terwujudnya program tersebut,” kata Muryanto Amin.

Sementara Wakil Direktur Bank BTN Nixon LP Napitupulu menyampaikan apresiasi terhadap terobosan dan program pengembangan USU ke depan. Salah satu program yang dicanangkan Rektor USU adalah pembangunan driving range.

“Kita akan full support seratus persen pembangunan driving range di Kampus USU Medan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nixon Napitupulu menyampaikan update bisnis BTN pertumbuhan ekonominya diatas 5 persen yaitu 5,2 %, di dunia properti bahkan sudah hit 7 sampai 8 persen hari ini, di dunia pembiayaan perumahan BTN sudah hit 8 % pertumbuhannya, jadi artinya mulai bangkit kembali. Walaupun tantangannya ke depan ini inflasi, karena Amerika sudah 8-9 %, dan Inggris juga sudah umumkan ada di atas 8 %. Indonesia sendiri masih 4%. Dan menurut BI yang mendorong inflasi di Indonesia bukan sisi demand tapi supply-nya masih kurang pasca pandemi Covid-19.

“Ke depan kita akan mendorong bagaimana produksi secepatnya naik dan demannya juga naik. Itu sebabnya kita lagi push developer agar cepat membangun propertinya,” papar Nixon.

Tantangan ke depan yang lagi populer adalah green economy atau ekonomi hijau. Dimana, kajian untuk penerapan green economy ini perlu dukungan dari akademisi. Green economy atau ekonomi hijau adalah proses pengembangan ekonomi yang tetap meperhatikan lingkungan seperti tingkat karbon di udara, efisiensi sumber daya alam, dan sosial.

Setelah kegiatan fun run dan penyerahan CSR, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan.