Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineNasionalPerkebunan & PertanianSumut

Gonjang-Ganjing Sawit Rakyat Jadi Topik Hangat Bincang Tipis-Tipis Tale Trias Info

×

Gonjang-Ganjing Sawit Rakyat Jadi Topik Hangat Bincang Tipis-Tipis Tale Trias Info

Sebarkan artikel ini

JAKARTA-Berbicara tentang pertanian dan perkebunan, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Dengan mengusung topik “Gonjang-Ganjing Sawit Rakyat”, Bincang Tipis-Tipis yang dipandu Erman Tale Daulay dalam channel Youtube Tale Trias Info menghadirkan pembicara Chairman Dakara Group dan Sekjen DPC HA IPB Kota Bogor Dr. Ir. Kiman Siregar, S.TP. M.Si, IPU dan Koordinator Tanaman Kelapa Sawit Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Mula Putera.

Kiman Siregar menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu Presiden sudah menghentikan kran ekspor minyak goreng, dan sekarang kran ekspornya sudah dibuka. Tapi faktanya, harga tandan buah segar (TBS) ditingkat petani (rakyat) belum signifikan peningkatannya. Sementara kita tahu bahwa harga CPO di tingkat dunia itu terus melonjak.

Baca Juga:   Jelang Pemilu 2024, Erman dan Kahfi Siregar 'Iris Tipis-Tipis' Rahasia Memenangi Kontestasi Politik

Dr. Ir. Kiman Siregar, S.TP. M.Si, IPU

“Ke depan, petani itu tidak lagi menjual TBS tapi menjual CPO. Dengan cara apa, kita siapkan pabrik kelapa sawit mini untuk petani. Dengan lahan sawit rakyat mencapai 18 juta hektar, harusnya sama-sama dinikmati. Kalau petaninya sudah menjual CPO, maka pengusaha-pengusaha besarnya kita dorong untuk hilirisasi yang lain, karena ada sekitar 150 turunan dari CPO ini, seperti minyak goreng, margarin, parfum atau produk lainnya,” kata Tokoh Sawit Indonesia ini.

Kiman Siregar juga mengiris tipis-tipis permasalahan dan kendala yang dihadapi petani dalam menjangkau pabrik CPO, itu sebabnya ke depan masyarakat perlu di dorong untuk bersama-sama dalam membangun pabrik kelapa sawit mini.

Baca Juga:   Kemenparekraf Lakukan Pemetaan Potensi Subsektor Ekraf di Lombok Tengah

Mula Putera

Sementara Koordinator Tanaman Kelapa Sawit Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Mula Putera menyampaikan ke depan petani itu harus benar-benar memprioritaskan aspek legalitas dari kepemilikan lahannya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Sehingga ada azas kepastian hukum dan kepastian usaha. Apabila sudah kedua hal ini benar-benar dijalankan, maka petani sudah bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk melakukan peningkatan produksinya lewat replanting,” kata Mula Putera.

Bincang Tipis-Tipis channel Youtube Tale Trias Info mengupas habis permasalahan yang dihadapi petani sawit di daerah. Mulai dari pemilihan bibit yang benar serta perawatan yang terpadu untuk mendapatkan hasil sesuai harapan.

Info lengkap terkait perbincangan Kiman Siregar dan Mula Putera yang dipandu Erman Tale Daulay bisa diikuti di channel  Youtube Tale Trias Info.