Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
HeadlineKesehatan

Ijeck: Grafik Warga Medan yang Jadi Pendonor Terus Meningkat

×

Ijeck: Grafik Warga Medan yang Jadi Pendonor Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com- Tingkat kesadaran warga kota Medan untuk menjadi pendonor darah bagi sesama yang membutuhkan, semakin meningkat. Grafiknya setiap bulan menunjukanada pertambahan jumlah pendonor dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Musa Rajeckshah, mengungkapkan fakta yang menggembirakan itu saat berlangsungnya HUT ke-74 PMI di markas PMI Provinsi Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 37 Medan, Minggu (22/9/2019). Selain menggelar bakti sosial, HUT kali ini yang bertemakan “Kita Tangguh, Indonesia Maju” juga sekaligus meresmikan Klinik Pratama Rawat Jalan PMI yang terletak di markas PMI Provsu.

Hadir dalam acara itu Ketua PMI Provinsi Sumut Rahmat Shah, Asisten Administrasi Umum Pemko Medan Renward Parapat yang mewakili Walikota Dzulmi Eldin, , dan para undangan lainnya.

Baca Juga:   Jelang Lebaran 1444 H, Parlindungan Purba dan Tuahman Purba Sambut Kedatangan Pekerja Migran

Ijeck, panggilan akrab Wagubsu Musa Rajeckshah, dalam kata sambutannya menyebutkan, tingkat partisipasi pendonor darah di Kota Medan semakin meningkat.

Hal ini diungkapkan berdasarkan data Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PMI Kota Medan, setidaknya ada 1000 orang lebih yang menjadi pendonor darah setiap bulannya.

Ketua PMI Sumut Rahmat Shah, Ketua PMI Kota Medan yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeckshah, dan para tokoh lainnya menyimak dengan serius kegiatan HUT ke-74 PMI

“Meningginya tingkat partisipasi pendonor juga patut kita apresiasi. Mengingat dulu kita sangat susah mendapatkan pendonor. Namun ini tidak terlepas dari upaya Pemko Medan bersama PMI Kota Medan yang terus berupaya mengedukasi dan menyosialisasi akan pentingnya mendonor darah. Hingga saat ini kita terus berharap pendonor darah di PMI Kota Medan akan terus meningkat sehingga stok darah kita tetap terjaga,” ungkapnya.

Baca Juga:   Percepat Vaksinasi, Bupati Darma Wijaya "Jemput Bola" Vaksin Lansia

Selanjutnya Ketua PMI Provinsi Sumut Rahmat Shah mengatakan atas kepedulian relawan PMI dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah, TNI/Polri dan instansi/yayasan lainnya, PMI terus jaya dan sukses. Dikatakannya, dulu saat Wakil Presiden yang juga Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, hadir di PMI Provsu, 15 kantong darah pun PMI tidak ada.

Namun saat ini, ujarnya, stok darah PMI mencukupi. Selain itu, kini dengan hadirnya klinik pratama rawat jalan semakin menambah fasilitas yang ada di PMI Sumut dalam memberikan pelayanan yang sempurna kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, kita terus bergerak maju. Dulu untuk saat Bapak JK datang ke sini, untuk menghadirkan 15 kantong darah pun kita masih tidak ada. Tetapi sekarang Insha Allah kita memiliki stok yang banyak untuk itu. Selain itu, kini kami juga menghadirkan klinik pratama sebagai upaya dalam memberikan pelayanan terbaik kami kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Rahmat.(MS1/MS1)

Baca Juga:   Pengemudi Vespa Terbakar Usai Bersenggolan dengan Revo