Berita Sumut Ekonomi Headline Nasional Sumut

INTI dan APINDO Bangun Sinergi Ikut Berkontribusi Dalam Pemulihan Ekonomi

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) sudah 23 tahun berkiprah dibidang sosial kemasyarakatan, seni budaya, olahraga, pendidikan, kemanusian dan ekonomi. Untuk bidang ekonomi bergerak dalam sub bidang bisnis, UMKM, dengan harapan bisa mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepengurusan INTI banyak diisi oleh pengusaha yang memiliki talenta di bidang IT, media sosial, entreprenuers councill, motivator bisnis dan coach bisnis.

“Maksud kedatangan kami ke Apindo adalah untuk menjalin silaturahmi dan membangun sinergitas di sektor ekonomi, khususnya dalam ketenagakerjaan dan hubungan industrial lainnya,” kata Ketua Umum INTI Pusat Teddy Sugianto, didampingi Waketum INTI Ben Rimba, Sekjend Candra Jap, Wabendum Esty Lawrence, Kabid Sosial Sopyan Wijaya dan Marliana Wakil Ketua PINTI, Kamis (3/11/2022).

Wakil Ketua Umum INTI Tomi Winstan yang membidangi Bisnis, Usaha dan UMKM diharapkan dengan sinergi ini mendapat masukan terkait proyeksi ekonomi 2023 dan persiapan tahun politik 2024 yang dikaitkan dengan sektor ekonomi.

“Ke depan, INTI juga akan mengajak APINDO berkunjung ke kantor INTI dan melakukan dialog ekonomi, berdiskusi dan mempererat tali silaturahmi,” kata Tomi yang juga membawa Tim ekonomi INTI, Kendro Ketua bidang Bisnis, Lisa Tanjung, Jonas, dan Yong H dari Tim Ngopi Bisnis INTI.

Kedatangan rombongan INTI disambut langsung oleh Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani, Wakil Ketua Umum Suryadi Sasmita, Wakil Sekretaris Umum Hendra Wijaya, Ketua Komite Pasar Modal Gunawan Tjokro, Ketua Komite Ritel Tutum Rahanta, dan Ketua Dewan Penasehat Apindo Sumut Parlindungan Purba.

“Sudah banyak hal dilakukan Apindo untuk kepentingan dunia usaha terkhusus di hubungan industrial dan investasi, Apindo senantiasa membangun hubungan kerja dengan pemerintah pusat sampai daerah,” kata Haryadi.

Wakil Ketua Umum Suryadi Sasmita menyampaikan bahwa Apindo senantiasa memantau dan memastikan hal yang terkait dengan kepentingan dunia usaha, beberapa diantaranya penyampaian pendapat/masukan terkait isu dunia usaha guna advokasi kebijakan yang mendukung pengusaha.

Parlindungan Purba selaku Dewan Penasehat Apindo Sumut menyampaikan bahwa Apindo rutin melakukan pertemuan dengan anggota Apindo, antara lain melalui CEOs Gathering, Members’ Gathering, Government Relations Gathering, Workshop, Seminar & Pelatihan baik di Indonesia maupun luar negeri bekerjasama dengan mitra Apindo.

“Pertemuan INTI dan Apindo ini sangat bagus, karena kedua organisasi ini akan bisa saling mendukung untuk kepentingan dunia usaha, masyarakat dan negara,” kata Parlindungan Purba.

Baksos Sumpah Pemuda

Sebelumnya, dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94, Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Polres Tebing Tinggi dan Yayasan Maha Karuna menggelar kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Lapangan Merdeka Sri Mersing, Kota Tebing Tinggi, Minggu (30/10/2022).

Kegiatan ini turut melibatkan sejumlah organisasi masyarakat diantaranya Lions Club Cemara, GEMA INTI Sumut, Walubi Sumut, YSKI, Pokdarkamtibmas Polres Tebing Tinggi, WBI Tebing Tinggi, Universitas Sari Mutiara dan Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak FKG USU melakukan perawatan gigi dan mulut pada 400 anak dari 15 SD Negeri dan Swasta yang tersebar di Tebing Tinggi.

Kegiatan ini merupakan program skim Mandiri dibawah Lembaga Pengabdian Masyarakat USU yang dipimpin oleh drg. Ami Angela Harahap Sp.KGA MSc.

Ketua Panitia drg. Martyn mengatakan kegiatan ini mengambil tema “Wujudkan Masyarakat Yang Sehat Menuju Tebing Tinggi Sejahtera dan Terdepan” dengan melibatkan sekitar 176 orang tim medis yang terdiri dari dokter, dokter gigi, dokter spesialis, perawat, apoteker dan tenaga medis lainnya.

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi S.Sos M.TP
Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi S.Sos M.TP bersama Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr. Parlindungan Purba SH MM turut hadir dalam kegiatan ini.

Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr. Parlindungan Purba SH MM menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dalam membangun bangsa sebagaimana tema Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yakni “Bersatu Bangun Bangsa” seperti saat ini pengobatan gratis bentuk membangun bangsa di bidang kesehatan.