Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Medan

Jelang Berakhir Bulan Ramadan, Warga Medan Diingatkan Tunaikan Zakat Fitrah

×

Jelang Berakhir Bulan Ramadan, Warga Medan Diingatkan Tunaikan Zakat Fitrah

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, Walikota Medan Bobby Nasution mengingatkan kepada seluruh warga kota Medan khususnya warga yang mampu untuk dapat menunaikan zakat fitrah. Sebab diketahui bersama ada hak fakir miskin dalam setiap rezeki dan harta kita miliki.

“Untuk warga Medan, Jangan lupa membayar zakat fitrah. Sebab ada hak fakir miskin dalam harta kita. Begitu besar nilai zakat fitrah ini sehingga Rasullullah menyatakan bahwa memerdekakan 100 orang masih lebih rendah dari pada kewajiban kita untuk membayar zakat fitrah,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan dalam Safari Ramadan Pemko Medan di Masjid Al Hurriyah, Jalan M. Yakub, Kelurahan Sei Kera Hilir 1, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (17/4/2023).

Baca Juga:   Mural di Stadion Teladan Bikin Medan Tambah Cantik

Menurut Muhammad Sofyan, dengan membayar zakat fitrah pastinya akan berdampak baik terhadap warga yang membutuhkan. Aspem berharap bulan Ramadan Menjadi awal untuk kita berempati dengan kondisi sosial di sekitar kita.

“Jika mampu perbanyak zakat, infaq dan sedekah agar kita bisa membantu menaikkan taraf hidup saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan kita. Sebab pembangunan kota Medan akan berjalan lancar jika semua mau ikut serta berpartisipasi,” jelas Sofyan.

Ditambahkan Sofyan, melalui pertemuan ini Pemko Medan juga mengajak warga di akhir bulan Ramadan agar dapat semakin meramaikan masjid dan musholla sehingga sampai dengan berakhirnya Ramadan masjid tetap ramai.

“Saya juga mengingatkan warga Kota Medan untuk tidak terjebak dalam prilaku konsumtif menjelang hari raya idul Fitri. Tentunya selama bulan ramadan kita dapat mengambil hikmah puasa ramadan yakni menahan lapar seperti bagaimana dirasakan kaum fakir miskin,” ungkapnya.

Baca Juga:   Jaksa Agung Apresiasi Kejati Sumut, Kejari Medan dan Cabjari Labuhan Deli Dalam Penanganan Perkara Narkoba

Di pertemuan ini, Sofyan menyinggung program prioritas Bobby Nasution yakni program Masjid mandiri. Dimana melalui program ini kita dapat mengakselerasi percepatan ekonomi warga khususnya umat pasca pandemi Covid-19.

“Jika program masjid mandiri ini berjalan kami yakin akan mendatangkan kemaslahatan umat khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar masjid,” ujarnya.

Selanjutnya dalam Safari Ramadan ini, Aspem yang hadir bersama Kepala Bappeda Benny Iskandar, Kadispora Pulungan Harahap, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Laksmana Putra Siregar, Kadispora Pulungan Harahap, memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid Al Hurriyah sebesar Rp 50 Juta yang diterima Ketua BKM Masjid.

Selain itu bantuan juga diberikan berupa sembako senilai Rp 10 Juta dan Akte Pendirian koperasi serta memberikan santunan kepada anak yatim-piatu.

Baca Juga:   DP2K Medan Sosialisasi dan Simulasi Bahaya Kebakaran di Sekolah Santo Thomas 1 Medan

Sebelumnya, Ketua BKM Masjid Al Hurriyah mengucapkan terima kasih kepada Walikota Medan termasuk tim safari Ramadan yang telah mengunjungi masjid dan memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid. Kemudian sebelum berbuka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah, Safari Ramadan ini diisi dengan Tausiah agama yang disampaikan Al Ustad Bukhori Al Hafiz Batubara. (MS7)