Berita Sumut Headline Hukrim Politik Sumut

Jelang Imlek 2574, Wong Chun Sen Ajak Seluruh Elemen Waspadai Aksi Kejahatan

MEDAN-Menjelang Tahun Baru Imlek 2574, Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB mengajak seluruh elemen masyarakat tetap waspada dengan aksi kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggungjawab tanpa pandang bulu. Bahkan, aksi kejahatan yang terjadi beberapa hari lalu terhadap pembuat bakpao di Jalan Cemara Medan semakin menambah daftar angka kriminal di kota Medan.

Hal itu disampaikan Wong Chun Sen saat ditemui di Medan, Minggu (15/1/2023).

“Aksi kejahatan yang terjadi di Kota Medan tidak hanya menginginkan harta benda atau uang korban, akan tetapi aksi yang dilakukan seringkali dengan kekerasan melukai korban atau menghilangkan nyawa korbannya, ” kata Wong Chun Sen yang juga Ketua Gemabudhi Sumut.

Untuk mewaspadai aksi kejahatan ini, lanjut Wong semua elemen harus ikut campur tangan untuk menekan terjadinya aksi kejahatan ini, pertama dimulai dari diri kita sendiri agar cerdas dalam menyiasati waktu keluar rumah dengan penampilan yang tidak terlalu mencolok seperti memakai perhiasan atau menerima telepon saat berkendara.

Kedua, kata Wong yang akrab disapa Tarigan ini kembali kepada keluarga. Apakah orang tua mengetahuk aktivitas anaknya diluar rumah, apakah isteri mengetahui sepak terjang suaminya diluar rumah? Komunikasi dan saling peduli di tengah-tengah keluarga diharapkan dapat menahan oknum-oknum tertentu untuk melakukukan aksi kejahatan.

“Ketiga adalah kita perlu aktifkan lagi sistem keamanan lingkungan dengan melakukan ronda secara bergantian, ” paparnya.

Dan yang keempat, tambah Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini adalah peran aparat keamanan untuk mengaktifkan kembali patroli keliling. Dengan adanya patroli keliling seperti yang dilakukan tim dari Polrestabes Medan akan mengurangi gerak langkah oknum-oknum yang tak bertanggungjawab untuk melakukan aksinya.

“Adanya genk motor dan kelompok tertentu yang melakukan aksi pawai kendaraan sambil membawa senjata tajam, dengan adanya patroli keliling ini akan menjadi penangkal agar tidak sampai terjadi aksi kejahatan, ” kata Wong Chun Sen.

Terobosan yang dilakukan Polrestabes Medan patut kita apresiasi dan semoga terus berlankut. Harapan kita, lanjut Wong dengan melakukan aksi keliling akan mempersempit ruang gerak genk motor dan pelaku aksi kejahatan yang selalu mencari kesempatan saat melihat ada peluang.