Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Jelang Satgas RAFI, Pertamina Patra Niaga Cek Kesiapan Layanan Avtur di AFT Kualanamu

×

Jelang Satgas RAFI, Pertamina Patra Niaga Cek Kesiapan Layanan Avtur di AFT Kualanamu

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Meski periode Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 belum dimulai, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan bergerak lebih cepat turun ke lapangan untuk memonitor langsung kesiapan pasokan dan layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kesiapan lebaran 2024, dimulai dari kesiapan avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (18/3/2024).

Riva menyatakan, bahwa pasokan avtur untuk Bandara Internasional Kualanamu sangat krusial, mengingat bandara ini adalah yang terbesar di pulau Sumatera. Bandara ini juga menjadi titik suplai untuk kebutuhan avtur di sejumlah bandara lainnya wilayah Sumatera Utara, seperti Bandara Polonia, serta bandara di wilayah Pinangsori, Silangit, dan Binaka.

Baca Juga:   Libur Panjang dan Jelang Pemilu 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Pastikan Stok BBM, LPG dan Avtur Aman

“Pasokan avtur untuk Bandara Internasional Kualanamu mencapai sekitar 50% dari total penyaluran avtur bandara udara di pulau Sumatera. Bandara ini juga melayani pengisian bahan bakar untuk rata-rata 59 pesawat udara per harinya,” jelas Riva.

Sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan sekaligus memastikan penyaluran avtur yang tepat waktu, akurat, dan efisien, Riva menambahkan, upaya inovasi di lini bisnis aviasi juga terus dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga.

Diantaranya adalah melalui inovasi Pertamina yakni PADMA (Pertamina Aviation Fuel Delivery Management), yaitu manajemen pengisian bahan bakar ke pesawat udara yang terintegrasi mulai dari pencatatan, penjadwalan, dan verifikasi volume pengisian avtur.

“Program ini sudah diterapkan di 6 AFT termasuk di AFT Kualanamu dan akan terus kami perluas untuk meningkatkan pelayanan pengisian untuk pesawat udara. Menjadi komitmen kami untuk selalu mengedepankan aspek five zero yakni zero accident, zero delay, zero off-spec, zero tolerance, dan zero mistake,” kata Riva.

Baca Juga:   Program PSR di Asahan untuk 1.000 Ha Lahan Rakyat

Dalam kesempatan yang sama, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (PPN Sumbagut), Freddy Anwar mengatakan, AFT Kualanamu ini beroperasi selama 24 jam.

“Kami memastikan persediaan avtur di  Bandara Kualanamu aman selama masa satgas RAFI Ramadan dan Idul Fitri 2024. Stok avtur saat ini lebih dari cukup dimana coverage days atau ketahanan stok avtur di AFT Kualanamu mencapai 48 hari,” kata Freddy.

Direksi dan Manajemen Pertamina Patra Niaga juga turut memonitor pelayanan sekaligus menyapa dan membagikan takjil kepada konsumen jelang waktu berbuka puasa di SPBU 11.201.101 Jalan Yos Sudarso, Medan.

“Selain kebutuhan avtur untuk industri penerbangan, kami turut menjamin atas terpenuhinya pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat khususnya pada bulan Ramadan dan Idul Fitri. Kami turut memastikan juga kenyamanan dan distribusi energi terhadap masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” ucap Freddy.

Baca Juga:   Pertamina Patra Niaga Fasilitasi Nelayan untuk Akses BBM Subsidi di SPBU

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum (APH) dan stakeholder lainnya untuk mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat. Dengan dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder, Pertamina siap melayani masyarakat Sumut yang mudik tahun ini. (MS7)