Sumut

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA Studi Visit ke PT Inalum

ASAHAN – Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan (FE UNA) Program Studi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan melakukan studi visit ke PT. Inalum, kantor PLTA Sigura-gura, yang berlokasi di Paritohan, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Senin (12/9/2022).

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Abdul Rahman, S.E., M.Pd., M.Si, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNA Rosnaida, S.E., M.M, Ketua Program Studi Manajemen Halimatussaddiah, S.E, M.M dan Sekretaris Jurusan Program Studi Ekonomi Pembangunan Dian Wahyuni, S.E, M.M.

Kegiatan studi visit ini, diterima langsung Divisi Humas PT. Inalum M. Rorim Panromi dan Reza. Diterangkannya, Inalum memiliki tiga produk utama yaitu Alumunium Ingot, Alumunium Alloy dan Alumunium Billet. Dalam peleburan alumunium, Inalum menggunakan teknik elektrolisis untuk mengubah alimina menjadi alumunium yang mana teknik tersebut memerlukan energi listrik yang sangat besar.

“Karena itu Inalum membangun serta mengoperasikan pembangkit listrik sendiri berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yakni PLTA Sigura-gura, Siruar dan Tangga terletak di Paritohan Kabupaten Toba,” ujarnya.

Ia berharap, mahasiswa yang melakukan studi visit industri bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat yang bisa diterapkan di kampus nantinya.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa dan dosen diberikan fasilitas untuk berkunjung memasuki dan melihat langsung bendungan, terowongan sigura-gura yang merupakan stasiun pembangkit listrik.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNA Rosnaida, S.E., M.M mengatakan bahwa studi visit ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai materi perkuliahan yakni matakuliah manajemen operasional, ekonomi SDA dan lingkungan yang direalisasikan pada lapangan langsung.

Selain itu juga, untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang gambaran dalam lingkungan dunia kerja, memberikan informasi tentang cara kerja, serta mendorong mahasiswa agar mempunyai rasa kediplinan dan tanggungjawab dalam bekerja.

Kemudian, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd didampingi Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Abdul Rahman, S.E., M.Pd., M.Si berharap studi visit ini dapat memperkuat belajar mahasiswa FE UNA serta bisa mendapatkan pengetahuan mengenai bidang kosentrasi yang akan didalami mahasiswa sehingga dapat siap menghadapi dunia kerja dan cermat dalam melihat kemajuan teknologi agar dapat menyeimbangkan kemampuannya. Kegiatan tersebut ditutup, pertukaran cendramata antara dan kedua belah pihak. (MS10)

Tinggalkan Balasan