Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

Mantap, 10 Dosen Universitas Asahan Menangkan Hibah DRPTM Kemdikbudristek 2024

×

Mantap, 10 Dosen Universitas Asahan Menangkan Hibah DRPTM Kemdikbudristek 2024

Sebarkan artikel ini
Universitas Asahan

ASAHAN – Universitas Asahan (UNA) berhasil menorehkan prestasi gemilang, karena 10 dosennya berhasil memenangkan hibah pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemedikbudristek) tahun 2024.

Pengumuman ini, tertuang berdasarkan Surat Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemedikbudristek Nomor : 0667/E5/AL.04/2024 tertanggal 30 Mei 2024, sebanyak 3 judul untuk Skema Penelitian dan 7 judul untuk Skema Pengabdian Kepada Masyarakat mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek tahun 2024.

Ruang lingkup judul proposal tersebut, meliputi Penelitian Fundamental Reguler (PFR) dan Pemberdayaan. Kemitraan Masyarakat (PKM).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum mengungkapkan, tahun ini ada peningkatan hibah yang didapatkan oleh para peneliti.

“Saya sangat bangga dan memberikan aplaus atas keberhasilan dosen UNA berhasil meraih hibah penelitian DRTPM Kemdikbudristek 2024, dan masih banyak pekerjaan besar kita untuk persiapan tahun depan yang lebih baik lagi untuk mendapatkan pendanaan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Program ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Melalui seleksi ketat, proposal-proposal dari berbagai universitas di Indonesia dinilai berdasarkan kualitas, relevansi, dan efek yang diharapkan.

Keberhasilan ini, merupakan kontribusi nyata dalam bidang penelitian. Dan juga bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, loyalitas serta komitmen para dosen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Baca Juga:   Kaum Pria Jangan Sering Makan Ayam, Bisa Kena Kanker Loh!

“Dengan adanya pendanaan ini, UNA berharap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat semakin berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyampaikan Alhamdulillah, rasa syukur, gembira atas capaian ini serta mengapresiasi kerja keras tim LPPM UNA yang melakukan pendampingan hingga kuantitas dosen yang jadi Penerima Pendanaan Program Penelitian maupun Pengabdian tahun 2024 dari Kemendikbusristek meningkat.
“Saya ucapkan selamat kepada 10 dosen, yang 3 proposal penelitian dan 7 proposal pengabdiannya lolos dalam seleksi nasional ini. Kami bangga karena para dosen bisa bersaing dengan ribuan PTN maupun PTS se-Indonesia, termasuk UGM, UI, ITB, IPB dan kampus terbaik lainnya,” ucapnya.

Beliau berharap, kedepannya makin lebih banyak lagi dosen UNA yang jadi Penerima Pendanaan Program Penelitian ataupun Pengabdian kepada Masyarakat dari Kemendikbusristek.

Kemudian, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd menyampaikan selamat dan sukses kepada dosen UNA yang lolos hibah penelitian DRTPM Kemendikbudristek. Tentu saja capaian ini, membuktikan bahwa dosen UNA mampu bersaing dengan dosen perguruan tinggi lain di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dosen harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Alhamdulillah, dosen UNA mampu memenuhi kewajiban ini.

“Sekali lagi, selamat untuk dosen yang lolos. Semoga dapat menjalankan program ini dengan baik, ” imbuhnya.

Baca Juga:   Konglomerat Mohammed MT Khoory Bantu Pendidikan Masyarakat Sumut

Ia berharap kepada dosen lainnya, agar giat melaksanakan penelitian dan pengabdian karena selain berdampak terhadap pengembangan studi kemasyarakatan dan mutu kampus juga dapat meningkatkan jenjang karier dan kesejahteraan.

“Harapannya, hasil penelitian tersebut nantinya akan disebarluaskan melalui luaran penelitian berupa publikasi pada Jurnal Nasional serta Hak Kekayaan Intelektual,” harapnya.

Adapun tiga dosen berhasil memperoleh pendanaan dalam skema penelitian diantaranya Dr. Bahmid, S.H., M.Kn dengan judul “Konsep Kebijakan Digitalisasi Pertanahan dalam Pencegahan Kepemilikan Tanah Absentee”, Dian Wahyuni, S.E., M.M dengan judul “Analisis Pengaruh Produktivitas Dan Efisiensi Sektor Perkebunan Di Pulau Sumatra Dengan Pendekatan DEA Dan MPI, Dr. Moraida Hasanah, S.Si., M.Si dengan judul “SINTESIS DAN MODIFIKASI MEMBRAN KOMPOSIT SiO2 DARI HASIL EKSTRAKSI PASIR SUNGAI SILAU ASAHAN TiO2 DAN PVA SEBAGAI MATERIAL PENGOLAHAN AIR”.

Sedangkan tujuh dosen berhasil memperoleh pendanaan dalam skema Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu Dian Puspitasari, S.Kel., M.Si dengan judul “Implementasi Teknologi Ozonisasi untuk Meningkatkan Manajemen Produksi Benih Ikan dan Manajemen Kualitas Air Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Mekar Jaya Kabupaten Asahan”, Harmayani, S.T., M.Kom dengan judul “Penerapan Standar Mutu Melalui Program PKM Guna Mengembangkan UMKM Keripik Ubi Di Sektor Pasar Digital”, Hilmiatus Sahla, S.E.I., M.E.I dengan judul “Peningkatan Produksi Jateku dan Basreng Cihuy Melalui Perbaikan Manajemen Produksi dan Pemasaran Digital Pada UMKM Mekar Sari”, Khairun Nisa, S.Pd., M.Pd dengan judul “Transformasi Pembelajaran: Membangun Literasi dan Numerasi Unggul melalui Kompetensi TPACK Guru di UPT. SD Negeri 03 Perkebunan Sipare- Pare”, Oktaviana Nirmala Purba, S.Pd., M.Pd dengan judul “IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI FRAMEWORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SMP SWASTA TRIYADIKAYASA”, Dr. Rumondan, S.Pi., M.Si dengan judul “Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Mandiri di Desa Tanjung Alam” dan Suriani, S.H., M.H dengan judul Optimalisasi Perpustakaan Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam “CALISTUNG” (Membaca, Menulis dan Berhitung) di UPTD SDN 010043 Perkebunan Air Batu III/IX”.

Baca Juga:   Gubsu Edy Rahmayadi Harapkan Lulusan Universitas Berkontribusi Bagi Masyarakat

Perwakilan dosen pemenang hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakan DRTPM Kemendikbudristek Dr. Bahmid, S.H., M.Kn, mengucapkan terimakasih atas support dari Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Para Wakil Rektor I, II dan III, Ketua LPM Dr. Rumondang, S.Pi., M.Si, Dekanat dan Prodi serta khusus kepada Ibu Ketua LPPM Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum yang terus melakukan pembinaan kepada kami Dosen Dosen untuk terus termotivasi dalam mengikuti setiap kompetisi Hibah.

“Semoga Allah SWT akan terus meridhoi gerak langkah Universitas Asahan dalam menggapai cita-cita para pendiri dan bersaing secara global,” tutupnya. (MS10)