Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
HeadlineNasional

Masih Berkabung, Presiden Batal Resmikan Sail Nias 2019

×

Masih Berkabung, Presiden Batal Resmikan Sail Nias 2019

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com– Presiden Joko Widodo sejak jauh hari direncanakan akan membuka secara resmi puncak acara Sail Nias 2019 pada hari Sabtu (14/9/2019).

Namun Presiden Jokowi membatalkan kehadirannya di Nias karena masih masuk Hari Berkabung Nasional terkait wafatnya Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Hal itu ditegaskan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang juga Ketua Umum Sail Nias 2019, Yasonna Hamonangan Laoly di akun facebooknya yang sudah tersebar meluas.

Bahkan, ujar Yasonna, karena masih berkabung, Presiden Jokowi telah membatalkan sejumlah kegiatan, termasuk mengunjungi Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Baca juga: Pemerintah Menyatakan Hari Berkabung Nasional Dan Himbau Kibarkan Bendera Negara Setengah Tiang

Baca Juga:   Parlindungan Purba : Aksi Tawuran Tewaskan Pelajar Harus Jadi Evaluasi Bagi Semua Elemen

Sementara itu, menurut siaran pers dari Biro Informasi dan Perencanaan Kementerian KKoordinator Maritim, Jumat malam (13/9/2019), disebutkan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dijadwalkan hadir mewakili Presiden Joko Widodo membuka acara puncak Sail Nias di Pelabuhan Baru Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan.

Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin memastikan hal tersebut.

“Dalam surat Setkab tertanggal 12 September 2019, Menko Bidang Kemaritiman telah ditunjuk untuk mewakili Presiden dalam acara Puncak Sail Nias tahun 2019,” bebernya. (MS1/MS1)