Berita Sumut Headline Sumut

Parlindungan Purba Apresiasi Program ‘Beranda Nusantara’ Majukan Pariwisata Danau Toba

BALIGE-Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Parlindungan Purba mengapresiasi program Beranda Nusantara yang digelar RRI secara live lewat chanel Youtube-nya, Jumat (2/12/2022) dan dipusatkan di Sopo Parsaulian Nauli, Tambunan, Balige. Beranda Nusantara kali ini mengusung topik tentang ‘Pariwisata dan Ekonomi Indonesia Bangkit Lebih Kuat’.

Menurut Parlindungan Purba yang juga mantan Anggota DPD RI Asal Sumut, tema tersebut dianggap sebagai bentuk aksi nyata pemerintah dalam mendukung pembangunan kawasan wisata Danau Toba.

“Danau Toba menjadi salah satu objek wisata kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di Sumatera Utara. Bukan hanya manfaat wisatanya tetapi juga manfaatnya secara global,” papar Parlindungan Purba.

Dia menilai, perhatian dunia terhadap Danau Toba begitu besar. Tidak heran jika perkembangan pembangunan Danau Toba sangat bagus seiring berjalannya waktu.

“Pembangunannya sudah bagus. Kita harus banyak bersyukur dan mendukung pembanginan kawasan wisata ini menjadi lebih bagus lagi ke depan,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Parlindungan sudah banyak bentuk perhatian pemerintah terhadap pembangunan kawasan wisata Danau Toba. Mulai dari hotel, jalan tol, bahkan rencananya speedboat yang biasanya ada di Bali, akan ada di Danau Toba.

Maka dari itu, ia berharap keterlibatan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba harus ditingkatkan. Meskipun keterlibatan para tokoh-tokoh Batak diluar daerah sudah banyak membantu.

“Jadi kita mendorong semua objek wista yang ada di kawasan Danau Toba agar bisa menonjolkan dirinya. Dan kita juga harus berterimakasih kepada pemerintah karena speedboat akan ada di Danau Toba,” katanya.

Terkait dengan pelayanan dan harga makanan, tambah Parlindungan, ke depan rumah makan atau restoran yang ada di kawasan wisata Danau Toba harus terbuka dan transparan soal harga, semua tertulis dalam menu yang ditawarkan. Dengan cara ini, kita berharap masyarakat yang datang berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba tidak merasa dibohongi.