Pelindo 1 Terapkan Social Distancing Di Area Publik

Mediasumutku.com I Medan : PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 akhirnya ikut menerapkan social distancing di seluruh area kerjanya, terutama  sejumlah area pelayanan publik. Social Distancing adalah menjaga jarak antar individu minimal satu meter yang berada di ruang publik.

Vice President Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami, mengatakan menerangkan bahwa Pelindo 1 telah menerapkan social distancing di area pelayanan publik seperti di seluruh terminal penumpang serta area kantor Pelindo 1.

“Sesuai dengan kebijakan pemerintah, Pelindo 1 menerapkan social distancing di seluruh fasilitas publik yang berada di seluruh terminal penumpang yang dikelola Pelindo 1. Aktifitas itu meliputii: menempelkan garis panduan jarak satu meter pada saat pemeriksaan masuk ke area check in, antrean menuju gate check in, antrean di garbarata, dan menempelkan tanda silang pada tempat duduk yang berada di ruang tunggu untuk menjaga jarak duduk antar penumpang,” kata Fiona kepada wartawan di Belawan Selasa (24/3/2020).

Dia mengatakan social distancing ini tidak hanya diterapkan di area pelayanan publik saja, namun juga diterapkan di area kantor dengan memasang garis batas berdiri bagi masing-masing individu yang kemudian dihimbau untuk tidak saling bertatap muka langsung atau menghadap ke dinding dan pintu lift serta membatasi jumlah individu dalam lift tersebut.

Selain itu, tambahnya, Pelindo 1 juga terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah potensi penyebaran virus Corona yang meliputi: melakukan pemeriksaan suhu tubuh di setiap terminal penumpang dan area kantor Pelindo 1.

Perusahaan BUMN ini juga menyediakan fasilitas untuk cuci tangan yang bisa digunakan oleh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan tangan, menempatkan sejumlah hand sanitizer di area publik, melakukan penyemprotan disenfektan di seluruh area, memasang poster informasi mengenai virus Corona dan langkah-langkah pencegahannya.

“Pelindo 1 juga terus memastikan keamanan dan kesehatan seluruh petugas terutama yang berada di barisan depan dalam pelayanan operasional dengan mewajibkan seluruh petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima demi kepentingan masyarakat,” jelas Fiona.

Untuk mendukung social distancing, dia melanjutkan, Pelindo 1 juga menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) bagi pegawai yang memiliki riwayat jantung, Tuberculosis (TBC) atau paru, diabetes akut, serta pegawai perempuan yang sedang hamil.

“Pelindo 1 mengimbau pegawai untuk mengambil cuti apabila sakit, menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19, selektif dalam melakukan perjalanan dinas dalam negeri, dan membatasi pertemuan-pertemuan yang bersifat melibatkan banyak orang, seperti rapat, pelatihan, sharing session dan menggantikannya dengan penggunaan video conference atau web seminar,” lanjutnya.

Berbagai upaya serius terus dilakukan oleh Pelindo 1 untuk meminimalisir potensi penularan virus Corona di area publik.

Kami mengimbau seluruh masyarakat  untuk disiplin mengikuti imbauan ini agar dapat meminimalisir potensi penyebaran Corona serta menjaga kenyamanan publik di tengah kondisi pandemi yang makin serius seperti ini,” tutur Fiona Sari Utami. (MS5)

 

ms5

Tinggalkan Balasan

Next Post

  Gandeng Relawan, Pemprov Sumut Sangat Serius Lacak ODP

Sel Mar 24 , 2020
Mediasumutku.com I Medan: Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumatera Utara Dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes.,mengatakan bahwa tim yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara secara serius melakukan contact tracing (pelacakan kontak) terhadap pihak-pihak yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di seluruh wilayah Sumatera Utara tanpa terkecuali. “Apa […]

Breaking News