Berita Sumut

Pemaparan Jelang TMMD ke 115 Secara Virtual Kodim 0208 Asahan

ASAHAN – Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Franki Susanto, SE memaparkan rencana TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 TA 2022 kepada Pangdam I/BB secara virtual dan diikuti oleh seluruh Kodim se-Kodam I/BB, Kamis (6/10/2022).

Sebelum memberikan paparannya seluruh Dandim se-Kodam I/BB mendengarkan bimbingan dan arahan Kasdam I/BB Brigadir Jenderal TNI Rifky Namawi, yang berharap TMMD yang dilakukan ini dapat bermanfaat kepada masyarakat serta dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat.

“Selain untuk menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat TMMD ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang masih tertinggal pembangunannya serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memanfaatkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat juang dan Kondisi juang yang tangguh,” harap Kasdam I/BB.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0208/Asahan menyatakan TMMD dilaksanakan secara terpadu oleh TNI bekerjasasama dengan Pemda, Polri dan komponen masyarakat, disinergikan dan diintegrasikan bertujuan meningkatkan pembangunan di daerah agar taraf hidup masyarakat lebih baik dan mandiri.

TMMD melalui proses perumusan yang dilakukan secara berjenjang dari Musrenbang Tingkat Desa sampai dengan Musrenbang tingkat Kabupaten, dimana yang menjadi sasaran dari TMMD ini adalah Kecamatan Silau Laut (Desa Sei Silo Baru) dan Kecamatan Sei Kepayang Timur (Desa Sei Pasir dan Desa Sei Tempurung).

“Kami mengharapkan TMMD mampu memberikan kontribusi pada kepentingan pertahanan negara dan hasilnya dapat dirasakan secara langsung untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah pedesaan,” kata Dandim Letkol Inf Frangky Susanto.

Selanjutnya Dandim mengatakan program ini membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan bersifat fisik dan nonfisik serta menetapkan manunggal TNI rakyat dalam rangka menyiapkan rakyat juang yang tangguh.

“Sasaran dari TMMD antara lain adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, menumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menciptakan persatuan dan kesatuan serta mewujudkan rakyat juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, papar Dandim 0208/Asahan.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan yang membangun infrastruktur diantaranya jalur transportasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga dapat menggerakkan perekonomian di desa yang menjadi sasaran.
“Kegiatan TMMD ini memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Asahan khususnya masyarakat Desa tersebut, karena dengan hadirnya infrastruktur ini akan mendorong percepatan perekonomian dan pertanian, serta berdampak pada peningkatan daya saing desanya,” terangnya. (MS10)