Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineSumut

Peringatan Hari Guru Nasional 2023: Wabup Sergai Serahkan Penghargaan kepada Guru Penggerak

×

Peringatan Hari Guru Nasional 2023: Wabup Sergai Serahkan Penghargaan kepada Guru Penggerak

Sebarkan artikel ini

mediasumutku. com | SEI RAMPAH – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan memimpin upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, pada hari Senin (27/11/2023). Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sergai, Kepala OPD, serta perwakilan dari organisasi pendidikan dan siswa.

Dalam upacara tersebut, Wabup Sergai membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Mendikbudristek menyampaikan momen penuh refleksi pada Hari Guru Nasional tahun ini, mengingat kemungkinan ini menjadi tahun terakhirnya merayakan hari spesial tersebut sebagai Menteri.

Mendikbudristek menyatakan keyakinannya akan terus berkumpul dalam semangat Merdeka Belajar. Ia menyoroti perubahan besar dalam empat tahun terakhir, dimulai dengan langkah revolusioner menghapus Ujian Nasional pada tahun pertama Merdeka Belajar. Kepercayaan langsung diberikan kepada guru untuk menilai dan membimbing muridnya, membuktikan peran guru sebagai agen perubahan utama.

Baca Juga:   Ketua TP PKK Provsu Bagikan Bantuan Ke Korban Banjir Asahan

Langkah selanjutnya adalah peluncuran Kurikulum Merdeka, yang tidak hanya mempermudah proses pembelajaran tetapi juga memberdayakan guru untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar. Mendikbudristek mengakui bahwa Kurikulum Merdeka menjadi pemandu perubahan yang dinanti-nanti oleh para guru.

Dalam pidatonya, Mendikbudristek menyoroti Platform Merdeka Mengajar sebagai jembatan virtual antar sesama guru di seluruh Indonesia. Jutaan guru kini terhubung, berbagi pengalaman, dan belajar bersama untuk menghadirkan Kurikulum Merdeka ke dalam kelas-kelas mereka.

Selanjutnya, Mendikbudristek mencatat keberhasilan Program Pendidikan Guru Penggerak sebagai terobosan besar. Program ini bertujuan melahirkan generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata dalam sistem pendidikan Indonesia.

Baca Juga:   Polres Sergai dan Jajaran Komitmen untuk Membrantas Perjudian

Pada akhir pidatonya, Mendikbudristek menegaskan bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan, tetapi penanda tekad untuk terus mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Dia mengajak semua pihak merayakan hari itu dengan semangat untuk terus melaju ke depan.

Dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional, Wabup Sergai Adlin Tambunan beserta unsur Forkopimda menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 20 Guru Penggerak. Para penerima penghargaan, di antaranya Eppy Monika Sihombing dari SDN 106206 Sidodadi, Siddik kepala sekolah SDN 106453 Sukadamai, dan Mathuleosy Munthe dari SDN 106844 Pulau Gambar, diapresiasi atas kontribusi dan dedikasinya dalam mendukung perubahan positif di dunia pendidikan.

Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih atas dedikasi, pengorbanan, dan semangat Ibu dan Bapak guru. Bersama-sama, kita akan terus membentuk masa depan cerah bagi generasi penerus bangsa. Merdeka Belajar, Merdeka Bersama. (Budiono)

Baca Juga:   Jelang Ramadhan 1444 H, Wong Chun Sen Ajak Seluruh Elemen Saling Menghargai dan Menghormati