Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlinePendidikan

Pj Gubernur Sumut Harap USU Terus Cetak SDM Berkualitas untuk Mewujudkan Indonesia Emas

×

Pj Gubernur Sumut Harap USU Terus Cetak SDM Berkualitas untuk Mewujudkan Indonesia Emas

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN-Pembangunan manusia atau human capital merupakan pemacu utama pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Sehingga, akan menghasilkan berbagai inovasi yang akan menjadi penggerak perekonomian.

“Pembangunan manusia melalui pendidikan dan pelatihan adalah pemacu utama pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, dan universitas merupakan salah satu lembaga yang bisa melakukan hal tersebut,” kata Hassanudin di Auditorium USU, Jalan Dr Mansyur Nomor 9, Medan, Selasa (24/10/2023).

Pembangunan SDM saat ini, menurut Hassanudin, masih menghadapi beberapa tantangan yang besar, misalnya jenjang pendidikan, prevalensi stunting dan penyalahgunaan Narkoba. Pada jenjang pendidikan, tahun 2022 hanya 0,02% penduduk Indonesia yang lulus S3, 0,31% lulus S2, 4,39% lulus S1 dan 1,28% lulus D3.

Baca Juga:   Wakil Walikota PSP Studi Kelayakan Komparatif ke Sleman

Sedangkan untuk prevalensi stunting Sumut berada di angka 21,1% di tahun 2022, menurun dari tahun sebelumnya (25,8%) setelah berbagai intervensi yang dilakukan pemerintah. Dan yang menjadi perhatian khusus saat ini Narkoba, di mana 27,32% penggunanya di Sumut adalah pelajar.

“Ini tantangan besar kita dalam meningkatkan kualitas SDM, terutama masalah Narkoba karena saat ini Sumut dalam keadaan darurat Narkoba, kalau ingin menyelamatkan generasi emas 2045, kita harus bebaskan generasi kita dari Narkoba,” kata Hassanudin.

Sementara Rektor USU Muryanto Amin menyampaikan, Indonesia akan mendapat bonus demografi 2030-2045 dengan jumlah penduduk 297 hingga 318,9 juta jiwa. Saat ini bonus demografi ini sudah dimiliki Indonesia di mana 64,9 juta jiwa merupakan generasi muda dan 181 juta jiwa usia produktif.

Baca Juga:   Semifinal Euro 2020: Italia Hadapi Spanyol, Inggris Ditantang Denmark

“Dampaknya, Indonesia selalu dilihat sebagai basis konsumsi dan pasar yang besar di mata dunia, jika dimanfaatkan secara maksimal Indonesia akan menjadi lima negara dengan perekonomian terkuat di dunia, namun bila tidak dikelola dengan baik maka yang akan terjadi adalah bencana demografi,” kata Muryanto Amin.

USU dengan misi menjadi universitas berstandar internasional telah melakukan berbagai transformasi di berbagai lini. Ada 6 program prioritas USU untuk mewujudkan hal tersebut yaitu revitalisasi struktur dan tata kelola universitas, memperkuat riset dan pembelajaran, revitalisasi aset, digitalisasi kampus, memperkuat branding, dan meningkatkan kerja sama.

“Inovasi, transformasi dan berkelanjutan adalah model yang digunakan untuk pengembangan USU dengan misi menyukseskan agenda pembangunan nasional dan pembangunan SDM secara merata,” kata Muryanto Amin.

Baca Juga:   Gelar Pengabdian pada Masyarakat, Dosen Fakutas Teknik USU Pasang Pompa Air Bertenaga Surya di Pondok Pesantren

Hadir pada Dies Natalis ke-71 USU ini antara lain Konjen Malaysia Aiyub Bin Omar, Forkopimda Sumut, Ketua Majelis Amanat USU Nurmala Kartini. Hadir juga para guru besar Sumut, civitas academica USU, tokoh agama dan tokoh masyarakat Sumut. (Winda)