Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Medan

Program Cinta Statistik Dilaunching, Walikota Tekankan Pentingnya Data Dukung Pembangunan

×

Program Cinta Statistik Dilaunching, Walikota Tekankan Pentingnya Data Dukung Pembangunan

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Wali Kota Medan Bobby Nasution menekan kepada seluruh jajaran di kewilayahan akan pentingnya memiliki data yang baik. Sebab, pembangunan yang dilakukan harus diawali dengan perencanaan yang baik. Guna mendapatkan perencanaan yang baik, tentunya harus berdasarkan data yang lengkap dan riil sesuai dengan kondisi  sebenarnya.

Penekanan ini disampaikan Bobby Nasution saat melaunching Program Satu Kecamatan Satu Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) Kota Medan Tahun 2024 di Ruang Rapat III, Balai Kota Medan, Senin (13/5/2024).

“Pendataan adalah salah satu sumber utama untuk mencapai hasil pembangunan yang baik. Kalau datanya salah, maka pembangunan pun akan salah,” kata Bobby Nasution.

Program ‘Cinta Statistik’ ini  merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan wilayah hingga daerah lebih tepat sasaran.

Baca Juga:   Pemko Medan Beri Kemudahan Pendirian Koperasi Masjid

Tujuannya yakni, meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Kemudian, standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator Statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di kelurahan tepat sasaran serta membentuk agen statistik yang akan menjadi tim pengelola data pada level desa/kelurahan.

Terkait itu, Bobby Nasution sangat mendukung Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi leading sector dalam hal pendataan di Indonesia yang nantinya dapat digunakan oleh Pemko Medan dalam melakukan pembangunan.

Selanjutnya, sebanyak 21 kecamatan di Kota Medan mendelegasikan satu kelurahannya untuk ikut serta dalam program ‘Cinta Statistik’ yang juga diperlombakan ini. Kelurahan yang diikutsertakan tersebut nantinya akan menjadi percontohan bagi kelurahan-kelurahan lainnya.

Baca Juga:   Ikuti Perkembangan Teknologi, Pusda Medan Hadirkan E-Pusda

Apalagi, program ‘Cinta Statistik’ juga menjadi ajang perlombaan bagi kelurahan yang ikut serta. Jika kelurahan yang berhasil melewati setiap tahapan yang ditetapkan, maka bisa memperoleh penghargaan tingkat nasional.

Dengan digelarnya program ‘Cinta Statistik’ ini, Bobby berharap, alah satu kelurahan di Kota Medan bisa menjadi pemenang di November mendatang.

“Saya ingin, di Bulan November nanti kita bisa diundang ke Jakarta sebagai pemenang dari lomba program Cinta Statistik sehingga bisa memotivasi kita semua nantinya. Kalau menang, kita akan kasih bonus tambahan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Kota Medan Hafsyah Aprilia mengungkapkan, pihaknya berkolaborasi dengan Pemko Medan akan melaksanakan program ‘Kelurahan Cantik’. Secara khusus, imbuhnya, dilakukan pencanangan program ‘Cinta Statistik’. Melalui program ini, jelasnya, setiap Kecamatan akan memiliki satu Kelurahan yang menjadi percontohan untuk kegiatan kelurahan cantik (Cinta Statistik).

Baca Juga:   Ketua TP-PKK Dukung Keberadaan PBI Sumut

“Program ini dilaksanakan secara khusus di Kota Medan pada Mei 2024 ini. Tujuan program ini dilakukan agar pengelolaan data dan statistik di level terkecil, yaitu kelurahan dapat berjalan secara maksimal dengan hasil yang berkualitas dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” jelas Hafsyah Aprilia.(MS7)