Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Kesehatan

Resmi Jalin Kerjasama, BPJS Kesehatan Gandeng Aparat Desa Impelementasikan BPJS Online

×

Resmi Jalin Kerjasama, BPJS Kesehatan Gandeng Aparat Desa Impelementasikan BPJS Online

Sebarkan artikel ini

ASAHAN  – Memberikan pilihan kemudahan bagi peserta dan calon peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk dapat mengurus administrasi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas bagi BPJS Kesehatan. Tidak harus selalu dengan tatap muka di kantor cabang atau kantor kabupaten/kota, sekarang sudah diberikan pilihan layaan tanpa tatap muka. Layanan tanpa tatap muka yang hadir secara virtual ini dinamakan BPJS Online.

BPJS Kesehatan Cabang Kisaran menggandeng 6 Desa yang ada di Kabupaten Asahan untuk dapat membantu BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi Program JKN, yakni Desa Ambalutu, Desa Sukadamai Barat, Desa Teladan, Desa Karya Ambalutu, Desa Bandar Pulau Pekan, serta Desa Sidomulyo, Selasa (14/05).

“Kami mengundang Kepala Desa beserta 1 orang Aparat Desa yang nantinya akan menjadi Person in Charge (PIC) untuk membantu BPJS Kesehatan dalam membantu warga desa untuk mengakses layanan virtual ini. Kami berikan edukasi terkait teknisnya nanti akan seperti apa. Nantinya PIC ini akan bertugas memberikan informasi seputar jadwal yang ditentukan kepada seluruh warga desa untuk datang ke kantor desa serta menyediakan sarana yang dibutuhkan,” ujar Prabu Diansori selaku Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Kisaran.

Baca Juga:   Gubsu : 10 persen Pegawai Yang Ngantor sedangkan 90 persen Sudah Bekerja Di Rumah

PIC di desa akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat maksimal H-1 dari tanggal pelaksanaan kegiatan serta menyiapkan waktu, tempat dan memberikan informasi serta penjelasan tentang BPJS Online sehingga warga desa dapat mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

“Kita minta agar PIC dapat menginfokan kepada peserta paling tidak sehari sebelumnya sehingga warga desa dapat meluangkan waktunya serta menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sehingga nanti tidak akan ada kekurangan pada saat layanan virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dilaksanakan,” ujarnya.

Adapun jenis layanan yang disediakan oleh BPJS Online diantaranya pendaftaran peserta PBPU, peralihan jenis peserta non aktif menjadi peserta PBPU, perubahan data peserta, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), layanan informasi seputar Program JKN serta keluhan dan pengaduan.

Darwin, selaku Kepala Desa Teladan mengutarakan rasa terima kasih serta apresiasinya terhadap usaha BPJS Kesehatan Cabang Kisaran untuk terus mendekat dengan Peserta JKN dimana pun pesertanya berada.

Baca Juga:   Tim Monitoring Satgas Covid-19 Sumut Terus Tegakkan PPKM

“BPJS Kesehatan membuktikan jarak bukan penghalang. Kita apresiasi usaha BPJS Kesehatan Kisaran untuk dapat menghadirkan kegiatan yang memudahkan peserta seperti ini. Nantinya kita di Desa Teladan, sedang petugasnya ada di Kota Kisaran tapi bisa langsung berhadapan muka dengan petugas melalui zoom. Jarak yang jauh itu sungguh sudah dekat sekarang. Sungguh teknologi zaman sekarang yang sudah canggih bisa dimaksimalkan pengggunaannya oleh BPJS Kesehatan,” ujar Darwin

Ditemui di tempat terpisah, Sri Widyastuti selaku Kepala BPJS Kesehatan Kisaran menyampaikan bahwa kehadiran layanan BPJS Online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN maupun masyarakat yang belum menjadi peserta untuk mengakses layanan Program JKN dengan lebih mudah melalui layanan virtual melalui aplikasi saja.

“BPJS Kesehatan terus menyediakan inovasi baru yang dapat mempermudah peserta Program JKN dalam mengakses layanan administrasi dimana saja. Kali ini, BPJS Kesehatan menghadirkan sebuah program yang dinamakan dengan BPJS Online. Dimana Peserta JKN dan calon Peserta JKN dapat berkomunikasi secara virtual dengan petugas BPJS Online yang sedang bertugas. Inovasi ini kita wujudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap peserta kita serta pemahaman bahwa letak geografis tidak menjadi penghalang bagi BPJS Kesehatan untuk dapat melayani pesertanya,” ujar Sri.

Baca Juga:   Pelindo 1 Salurkan Sembako Dari Rumah ke Rumah Para Muballigh

Diakuinya dalam pelaksanaannya, BPJS Kesehatan serta PIC di setiap desa untuk dapat tetap berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada warga desa yang sedang dilayani.

“Pegawai yang bertugas berkomitmen membantu tiap-tiap kebutuhan peserta, karena tentu saja akan berbeda pada setiap peserta. Pegawai kita juga tetap memberikan edukasi agar masyarakat dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN yang akan memudahkan peserta JKN. Serta tidak lupa juga untuk mengakses pelayanan administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165, dan BPJS Kesehatan Care Center 165. Ini beberapa opsi yang dapat dipilih oleh peserta kita, jadi tidak harus selalu datang ke kantor BPJS Kesehatan,” tuturnya. (MS10)