Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Nasional

Rupiah Semakin Kokoh Bertengger di Level Rp14.124/U$D

×

Rupiah Semakin Kokoh Bertengger di Level Rp14.124/U$D

Sebarkan artikel ini

digtara.com | JAKARTA – Menjelang akhir pekan pada Jumat (4/10) sekira pukul 09.14 WIB Nilai tukar rupiah makin kuat. Kurs rupiah spot menguat 0,34% ke Rp 14.124 per dolar Amerika Serikat (AS).

Ini adalah penguatan rupiah di hari ketiga secara berturut-turut setelah Selasa lalu menyentuh Rp 14.216 per dolar AS yang merupakan level paling lemah rupiah dalam sebulan terakhir.

Penguatan rupiah ini memanfaatkan pelemahan dolar AS. Mata uang Paman Sam melemah setelah tiga rilis data ekonomi menunjukkan penurunan. Kamis (3/10), Institute for Supply Management merilis data aktivitas non-manufaktur yang mencapai level terendah dalam tiga tahun.

Indeks aktivitas non-manufaktur turun ke level 52,6 pada bulan September. Ini adalah level terendah sejak Agustus 2016. Data ini muncul setelah dua hari sebelumnya ISM merilis angka aktivitas manufaktur yang kontraksi dalam dua bulan terakhir dan merupakan level terendah dalam 10 tahun.

Baca Juga:   Polri Siap Siaga Jelang HUT OPM 1 Desember

Data ekonomi yang menunjukkan tanda-tanda pemburukan ini menyebabkan kurs dolar melemah. Sejak kemarin, indeks dolar turun ke bawah level 99. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia ini berada di 98,83, melemah 0,55% dari posisi awal pekan.

Seluruh mata uang Asia pagi ini menguat terhadap the greenback. Won memimpin penguatan sebesar 0,60%, disusul dolar Taiwan, pesok, rupiah, dolar Singapura, yen, ringgit, baht, yuan offshore, dan dolar Hong Kong.