Berita Sumut Headline Sumut

Sah, Ilham Ritonga,SE Jabat Ketua DPRD Serdang Bedagai

SERGAI – H Ilham Ritonga, SE resmi jabat ketua DPRD Serdang Bedagai (Sergai) masa jabatan 2019-2024. Pelantikan Ilham Ritonga tersebut dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kab Sergai dengan agenda Peresmian Pemberhentian Ketua DPRD Kab Sergai Riski Ramadhan dan Peresmian Pengangkatan Ketua DPRD Kab Sergai serta pengucapan sumpah dan janji H. Ilham Ritonga, SE, Senin (10/10/2022).

Sidang paripurna dibuka wakil ketua DPRD Sergai Samsul Bahri turut dihadiri mantan Ketua DPRD Sergai Riski Ramadhan Hasibuan, Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir serta unsur Forkopimda, para anggota DPRD Sergai, Ketua DPC Partai Gerindra Budi Sumalim, para OPD dan para Ormas.

Dalam kesempatan ini, Samsul Bahri mengatakan bahwa dalam rangka menindak lanjuti undang-undang nomor 23 tahun 2014 telah terbit surat keputusan gubernur Sumatera Utara nomor 188.44/784/KPTS Tahun 2022 tanggal 6 Oktober 2022 tentang peresmian dan pemberhentian dan pengangkatan ketua DPRD Kab Sergai.

Untuk memenuhi maksud keputusan gubernur Sumut itu maka dari itu diadakan rapat paripurna dalam rangka pemberhentian ketua DPRD Sergai masa jabatan 2019-2024 dr. Riski Ramadhan Hasibuan dan peresmian pengangkatan ketua DPRD Sergai H. Ilham Ritonga, SE. Papar Samsul Bahri.

Dalam sambutannya Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengatakan bedasarkan UU no 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah memiliki tanggung jawab menjalankan fungsi.

Ketiga fungsi tersebut lanjut Bupati Darma Wijaya adalah Fungsi Legislasi dilaksanakan sebagai perwujudan DPRD selaku pem gang kekuasaan membentuk peraturan daerah. Kedua fungsi anggaran yang di laksanakan untuk membahas dan mengerikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap perencanaan peraturan daerah tentang APBD. Ketiga fungsi pengawasan dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanan peraturan daerah dan APBD.

Bupati Darma Wijaya berharap ketua DPRD periode 2019-2024 selain menjalankan fungsi ide tersebut juga mampu mendukung pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta ( Public Private Partnership).

Tandatangan ini, lanjut Bupati Sergai, menjadi cukup penting mengingat terbatasnya sumber daya pemerintah dalam pembiayaan pembangunan, terutama terkait dengan efesiensi pembiayaan investasi dan penyediaan infrastruktur yang bervariasi dan berkualitas.” ujarnya.

Berkenaan hal itu, kami berharap pelantikan ketua DPRD Sergai ini dapat semakin meningkatkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif serta menjadi mitra dalam pelaksanaan sebagai program pembangunan. Dengan pimpinan yang baru saya harap kinerja DPRD Kab Sergai dapat semakin dinamis, kontrol dari legislatif juga sangat kami harapkan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintah di Kab Sergai tetap on the right track dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.” Sebut Darma Wijaya.

Diakhir sambutannya Bupati Darma Wijaya berharap keberadaan ketua DPRD yang baru mendorong terwujud ya kinerja seluruh anggota DPRD yang dinamis dan Optimal mengingat tantangan yang di hadapi kedepan tidaklah mudah.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sergai H. Ilham Ritonga sebelum menutup sidang akan melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya sesuai undang-undang dan fungsi, serta menjadikan lembaga DPRD Sergai tempat tumpuan masyarakat dan membuka saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan,” pungkasnya.