Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HeadlineNasional

Sah ! Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wapres Periode 2019-2024

×

Sah ! Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wapres Periode 2019-2024

Sebarkan artikel ini

mediasumut.com | JAKARTA – Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024.

Jokowi dan Ma’ruf resmi menjalankan peran sebagai presiden dan wapres setelah dilantik dalam acara yang berlangsung di Gedung MPR pada Minggu (20/10/2019).

Sebelum dilantik, Jokowi membacakan sumpah jabatan sebagai Presiden periode 2019-2024. Setelah itu, giliran Ma’ruf Amin yang membacakan sumpah jabatan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan bahwa sebanyak 16 menteri dalam susunan kabinet mendatang berasal dari partai politik (parpol).

“Ya kurang lebih (16 menteri dari parpol-red). Saya belum hitung tapi kurang lebih,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Baca Juga:   Begini Tanggapan Jokowi Tentang Polemik Celana Cingkrang dan Cadar dalam Instansi Pemerintah

Kepala Negara memastikan formasi Kabinet Kerja jilid II sudah rampung seratus persen. Ia pun meminta publik untuk bersabar karena pengumuman Kabinet Kerja jilid II akan berlangsung pada Senin, 21 Oktober 2019, pagi.

“Sudah rampung, besok dikenalkan,” ucapnya.

Jokowi tak menjawab saat ditanyai apakah dua menteri di Kabinet Kerja berasal dari Partai Gerindra. “Besok dilihat,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga irit bicara saat ditanya posisi Menteri Pertahanan (Menhan) yang digadang-gadang bakal diisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Menteri Pertahanan ada,” jawab Jokowi singkat.

Kepala Negara kembali meminta wartawan untuk bersabar ihwal perubahan nomenklatur yang ada di Kabinet Kerja jilid II. Menurut dia, pengumuman lembaga baru itu juga akan berlangsung besok.

Baca Juga:   Sumut : Sembuh Corona 694 Orang

“Besoklah,” tuturnya.