Berita Sumut Sumut

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Sergai Gelar Program Peningkatan Mutu Pendidikan

PANTAI CERMIN – Di era globalisasi, kemampuan berbahasa sudah menjadi salah satu tuntutan dalam berbagai sektor, apalagi Bahasa Inggris yang menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Untuk mendukung kemampuan berbahasa Inggris di kalangan pendidik, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar program peningkatan mutu pendidikan dengan mengundang Profesional English Trainer, di Aula Themepark Pantai Cermin, Kamis (27/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan, program hari ini menyasar para kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Sergai. Sebagai tenaga pendidik, Bupati beranggapan para guru harus mampu mewujudkan birokrasi dambaan. Menurutnya, birokrasi dambaan mengetengahkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam kerja pelayanan.

Sambil berbagi cerita, Bupati menyampaikan jika penguasaan bahasa asing seperti Bahasa Inggris, akan sangat bermanfaat dalam berbagai kesempatan.

“Dengan kemajuan zaman yang makin cepat, kita harus mampu menguasai bahasa internasional seperti Bahasa Inggris. Maka dari itu, kita mengundang Mr. Aditya dari Yayasan Adiluhung Yogyakarta, untuk berbagi tips dan trik bagaimana menguasai bahasa Inggris dengan cepat,” kata Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Dirinya juga menyebut, akan rutin melakukan kunjungan ke berbagai sekolah di Sergai untuk melihat bagaimana kerja pelayanan di instansi pendidikan.

“Semoga lembaga pendidikan di Sergai bisa selalu meningkatkan mutu dan pelayanan publik,” harapnya.

Dalam laporan kegiatan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dingin Saragih, SIP, MM, menjelaskan kalau pelaksanaan bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi dan misi serta Sapda atau Sapta Dambaan yang ke-7 yaitu Birokrasi Dambaan.

“Jika SDM memiliki kompeten, maka diharapkan mampu memunculkan berbagai inovasi yang dapat menunjang kualitas dalam pelayanan publik, terutama dalam bidang pendidikan. Kegitan ini sendiri dikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari 60 Kepala Sekolah SD dan 40 Kepala Sekolah SMP. Kegaitan dilaksanakan 3 hari mulai 27-29 Oktober 2022,” terangnya. (MS8)