Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineSumut

TNI AL Lantamal I Belawan, Resmikan KBN Desa Bagan Kuala Mendapat Apresiasi dari Safril

×

TNI AL Lantamal I Belawan, Resmikan KBN Desa Bagan Kuala Mendapat Apresiasi dari Safril

Sebarkan artikel ini

SERGAI– Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Lantamal I Belawan secara resmi meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara nasional dan melakukan penanaman mangrove di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut).

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL I, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan.

Termasuk serta perwakilan TNI Angkatan Darat, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, Kapolsek Tanjung Beringin AKP T. Sihombing, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S. AP, Bea Cukai, Syahbandar, Kepala Desa se-Kecamatan Tanjung Beringin, para pelajar, dan organisasi lainnya. Senin 15 Mei 2023.

Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara adalah program dan kegiatan TNI AL yang dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait.

Baca Juga:   Anggota DPRD Medan Ini Minta Pihak BWS dan OPD Terkait Cepat Tangani Masalah Kuburan Amblas di Simalingkar B

Ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat pesisir di Desa Bagan Kuala,” ujar Johanes.

Johanes menjelaskan bahwa program Kampung Bahari Nusantara terdiri dari 5 klaster, yaitu kesehatan, pendidikan, pertahanan, pariwisata, dan ekonomi, yang saat ini sedang dilaksanakan.

“Semua klaster tersebut kami laksanakan di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, dan untuk klaster pariwisata, saat ini kami telah mendirikan tempat poto selvi di Pantai Merdeka untuk para pengunjung pantai,” tambahnya.

“Ini adalah program TNI AL yang dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya,” ungkap Johanes.

Selanjutnya, TNI AL Lantamal I Belawan melakukan kegiatan edukasi khusus di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai untuk melaksanakan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara nasional.

Baca Juga:   Serapan Anggaran Pemprov Sumut Menanjak ke Peringkat Delapan se-Indonesia

Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan bakti sosial berupa sunat massal dan pemberian tali asih. Tidak hanya itu, penanaman mangrove juga dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia oleh semua unsur TNI.

“Kami melaksanakan penanaman 10.000 bibit pohon mangrove di Dusun III Desa Bagan Kuala dengan luas 5 hektar. Semoga ini bermanfaat karena untuk menahan abrasi dan tempat hidupnya habitat laut,” pungkasnya.

Sebelumya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan saat ini, dan ucapan terimakasih sekali kepada TNI AL Lantamal I Belawan atas peresmian KBN secara nasional yang dilaksanakan disini.

“Semoga KBN ini mendapat dampak positif bagi masyarakat khususnya masyarakat pesisir di Desa Bagan Kuala ini,” ucapnya.

Baca Juga:   Selekda Gulat Provinsi Sumut Resmi Dibuka, Bupati Sergai Targetkan 5 Emas di PON XXI

Kades Bagan Kuala, Safril mengucapkan terimakasih kepada TNI AL Lantamal I Belawan atas kegiatan dan peresmian KBN secara nasional di Desa Bagan Kuala demi memajukan desanya.

Ini satu penghormatan yang luar biasa, salah satunya untuk mensukseskan ekonomi masyarakat dan kemajuan wisata Pantai Merdeka di Desa Bagan Kuala,” ucapnya.

Ucapan terimakasih juga di sampaikan Safril kepada Pemkab Sergai, terutama kepada Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Tambunan yang telah mendukung kegiatan peresmian KBN di Desa Bagan Kuala.

“Semoga segala kegiatan program KBN di desa ini dapat memajukan ekonomi masyarakat Desa Bagan Kuala dan wisata Pantai Merdeka,” ungkap Safril.