Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

USU Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan dari BKKBN

×

USU Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan dari BKKBN

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap kependudukan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2023.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, SSos, MSi di puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).

Rektor USU Prof Muryanto Amin menjelaskan, penghargaan dari BKKBN Pusat ini merupakan apresiasi karena USU dianggap sebagai pemrakarsa pembentukan Konsorsium  Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan (PTPK) di Indonesia.

“Alhamdulillah, ini merupakan bentuk apresiasi dari BKKBN karena kita menginisiasi terbentuknya Konsorsium PTPK yang dalam program-programnya kemudian bersinergi dengan BKKBN dalam mengatasi persoalan atau permasalahan kependudukan di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:   USU Raih 2 Penghargaan di Ajang The 9th PR INDONESIA Awards

Prof Mury menjelaskan, salah satu fokus program kerja dari Konsorsium PTPK adalah persoalan stunting. Selain persoalan stunting, tiga fokus lainnya adalah upaya penghapusan kemiskinan ekstrim, grand desain pembangunan dan kependudukan (GDPK), serta upaya pembangunan berkelanjutan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

“Jadi perguruan tinggi hadir untuk memberikan solusi melalui program-program strategis dalam skema pengabdian dan penelitian sesuai dengan asas Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mengatasi empat persoalan tersebut,” ujar Prof Mury.

BKKBN sendiri dalam rangka penyelenggaraan Program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting, melakukan jejaring kemitraan dengan lintas sektor secara pentahelix, salah satunya dengan mitra perguruan tinggi.

Baca Juga:   Penutupan PIMNAS Meriah, UGM Juara Umum, USU Raih 3 Penghargaan

BKKBN dan Kemenristekditi kemudian menyelenggarakan Kick Off Meeting Pembentukan Konsorsium di UNS pada November 2022 yang dihadiri oleh 11 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Melalui forum tersebut, terpilih sebagai Ketua Konsorsium PTPK adalah Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Wakil Ketua PTPK Rektor Universitas Hasanudin dan Sekretaris Konsorsium PTPK adalah Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Muryanto Amin.

Perguruan tinggi yang tergabung dalam Konsorsium PTPK sendiri di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Tadulako, Universitas Padang, dan Universitas Mulawarman. (MS7)

Baca Juga:   Tingkatkan Pengetahuan, Dosen IKH Medan Berikan Penyuluhan Tentang Prilaku Seks Kepada Remaja