Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineSumut

Wabup Sergai Tekankan Pentingnya Pendidikan Komprehensif dalam Ajang Talenta SMP 2024

×

Wabup Sergai Tekankan Pentingnya Pendidikan Komprehensif dalam Ajang Talenta SMP 2024

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | SERGAI- Pendidikan adalah fondasi utama untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memiliki peran kunci dalam mendorong kemajuan suatu bangsa.

Pendidikan bukan hanya proses mendasar untuk mengembangkan kepribadian dan karakter individu, tetapi juga membekali mereka dengan ilmu pengetahuan yang diperlukan.

Upaya meningkatkan mutu pendidikan harus mencakup aspek akademik dan non-akademik.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan saat membuka secara resmi Ajang Talenta Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tingkat Kabupaten Tahun 2024 di SMP Negeri 3 Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (30/5/2028).

Menurut Adlin Tambunan, setiap individu dilahirkan dengan beragam potensi.

Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak boleh hanya berfokus pada pencapaian kualitas akademik.

Baca Juga:   Diduga Sebarkan Hoax, Persaja Sergai Laporkan Seorang Pengacara ke Polisi

Aspek non-akademik seperti sains, seni, dan olahraga juga harus mendapatkan perhatian yang sama agar siswa memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan serta perkembangan mereka.

“Pemkab Sergai telah menyusun kebijakan dan strategi yang dituangkan dalam bentuk program melalui Dinas Pendidikan.

Program ini mencakup pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa secara terpadu dan terkoordinasi di semua tingkat, mulai dari sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional,” ungkap Adlin.

Ia berharap kegiatan ini dapat menunjang peningkatan kualitas akademik dan non-akademik di sekolah, serta meningkatkan prestasi siswa.

Siswa yang berbakat perlu dibina dan dikembangkan secara terarah dan berkelanjutan agar dapat berprestasi di ajang yang lebih tinggi.

Baca Juga:   Serahkan 117 Unit Bantuan Alsintan, Bupati Sergai: “Manfaatkan dan Rawat Sebaik-baiknya”

Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM melaporkan bahwa ajang talenta tahun 2024 melombakan berbagai kategori.

Di antaranya adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk pelajaran Matematika, IPA, dan IPS dengan 850 peserta, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dengan 69 peserta, dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dengan 140 peserta untuk cabang olahraga renang, karate, pencak silat, bulu tangkis, dan atletik. Selain itu, terdapat juga Gala Siswa Indonesia yang diikuti 17 tim.

Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Fokompimcam) Kecamatan Tanjung Beringin, Ketua Dewan Pendidikan Drs. Sayuti Nur, M.Pd, serta jajaran Dinas Pendidikan yang terdiri dari para Kabid, Korwil, Komite Sekolah, Pengawas, para guru, wasit, dan juri, serta seluruh peserta perlombaan.(Budiono)

Baca Juga:   Berbagi Kasih, Sat Reskrim Polres Sergai Bantu Warga Kurang Mampu