Berita Sumut

Wamen Apresiasi TP-PKK Sergai Kembangkan Taman Toga

SERGAI-Wakil Menteri Pertanian Harvick memberi apresiasi tinggi atas inisiatif TP-PKK Kabupaten Sergai yang menginisiasi berdirinya Taman Toga.

“Taman ini banyak ditanami tumbuhan yang punya khasiat luar biasa bagi kesehatan. Potensinya tentu besar sekali kalau dikembangkan lebih serius,” katanya.

Wamen Pertanian bercerita, beberapa waktu lalu konsep taman seperti ini juga ia temui di Sumatera Barat. Pada kunjungannya ke Pasaman, warga di sana mengeluhkan soal bagaimana memasarkan tanaman ini agar punya nilai ekonomis.

“Kemudian kami langsung menyelenggarakan pelatihan dan sosialisasi terkait perizinan, pemasaran, ekspor dan lain sebagainya. Jadi jangan sampai hal baik semacam ini berakhir jadi wacana atau tidak berkelanjutan. Apalagi Taman Toga ini bisa berguna untuk merawat kearifan lokal lewat sektor pertanian,” ujarnya.

Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan Taman Toga ini meruupakan besutan PKK Sergai sebagai salah satu program kerjanya. Dirinya menerangkan, ada 1237 tanaman yang terdiri dari 222 jenis di taman ini.

“Tentu saja dengan adanya taman semacam ini, akan sangat bermanfaat baik karena nantinya dapat digunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis. Selain itu juga dapat dipakai sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika tanaman ditanam dengan tertata rapi,” ujarnya.

Kunjungan Wamen Pertanian ini juga dihadiri oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Damrem Kolonel Infantri luqman Arif, S.I.P, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, serta para kader PKK Sergai. (MS8)