Berita Sumut Headline Sumut

Wujudkan Pengembangan Kapasitas Nelayan Kecil, Sergai Salurkan Bantuan Alat Penangkapan Ikan

TELUK MENGKUDU– Sebagai wujud kepedulian dalam pengembangan kapasitas nelayan kecil, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan kembali menyalurkan bantuan untuk nelayan berupa peralatan tangkap di Pantai Peri Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (29/11/2022).

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengatakan bahwa penyerahan bantuan alat tangkap ikan yang terdiri dari jaring, pelampung bola, tali kajar, timah pemberat, dan alat GPS, merupakan program dalam pengembangan kapasitas nelayan kecil.

“Nelayan kecil ini adalah nelayan yang melakukan aktivitas menggunakan kapal penangkap ikan ukuran paling besar 5 gross tone. Hasil tangkapan ini cakupannya cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Ia pun berpesan agar bantuan yang diterima melalui kelompok nelayan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. “Semoga ini bermanfaat dan bantuannya bisa digunakan sebaik mungkin. Tidak dialihtangankan apalagi dijual,” ujar Bupati sembati berharap para nelayan dapat terus berkoordinasi baik sesama kelompok maupun Dinas Perikanan dan Kelautan terhadap permasalahan yang dihadapi sehingga nisa dibantu mencari solusinya.

Rian, penerima bantuan yang mewakili kelompok Nelayan Maju asal Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu menyambut baik dan mengucapkan terimakasi atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih Pak Bupati atas bantuan ini. Kami bersyukur bisa menerimanya karena peralatan ini sangat bermanfaat dan akan kami gunakan dengan baik,” katanya.

Sedangkan Kadis Perikanan dan Kelautan Claudia Evinta Siregar mengatakan bahwa bantuan diberikan kepada empat kelompok yakni Nelayan Maju asal Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Maju Jaya asal Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin, Ikan Kodah asal Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin, dan Abadi Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tanjung Beringin.

” Bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Sergai untuk mensejahterakan nelayan.

Sebelumnya kami juga sudah menyalurkan bantuan berupa kapal perahu dan juga memberikan paket konversi BBM ke BBG kepada 800an nelayan. Insya Allah tahun depan ada seribuan,” tutupnya.

Hadir juga Asisten Ekbang Drs Nasrul Azis Siregar, Camat Teluk Mengkudu, Kapolsek Tanjung Beringin, Bhabinkamtibmas, dan kelompok nelayan penerima. (MS8)