Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutSumut

Wujudkan Visi Sergai “Maju Terus” Lewat Pembinaan dan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

×

Wujudkan Visi Sergai “Maju Terus” Lewat Pembinaan dan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

Sebarkan artikel ini

SEI RAMPAH-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima kunjungan tim supervisi desa dan pelaksana tertib adminstrasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pola asuh anak dan remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, hatinya PKK, dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2023. Kegiatan ini berlaksana di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (16/2/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan pengembangan kesejahteraan keluarga merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang dibentuk untuk mendukung pembangunan, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Darma Wijaya meyakini, PKK sebagai salah satu lembaga memiliki peran penting dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Bupati Sergai menegaskan TP-PKK Kabupaten Sergai bersama seluruh kadernya telah melakukan berbagai upaya dalam penerapan 10 program PKK. Bupati yakin upaya-upaya yang dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Sergai dapat mewujudkan tujuan yang mulia tersebut dan menjadikan keluarga-keluarga di Kabupaten Sergai menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:   Kafilah Sergai Ikuti STQH Tingkat Provinsi Sumut ke-VXIII tahun 2023

“Pemkab Sergai, terutama seluruh perangkat daerah, sangat mendukung penuh pelaksanaan 10 program pokok PKK ini. Bentuk dukungan yang diberikan berupa pendampingan, pelatihan, pembinaan serta fasilitasi kegiatan-kegiatan yang anggarannya ditampung di perangkat daerah terkait. Dukungan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara PKK dengan pemerintah daerah dalam pencapaian visi Kabupaten Sergai,” jelas Bupati.

Bupati Sergai juga berharap agar tim dari supervisi dari provinsi dapat memberikan pembinaan kepada TP-PKK di Kabupaten Sergai agar dapat berkembang dan menjadi yang terbaik.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan kita tetap bersemangat untuk terus menginspirasi keluarga-keluarga di Kabupaten Sergai melakukan perubahan dan pembaharuan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan PKK memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

Selain itu, baginya PKK juga membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius, serta memiliki peran dalam menumbuhkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Baca Juga:   Kapolres Sergai Ikuti Zoom Meeting Vaksinasi Serentak Secara Nasional

“Penilaian dan Lomba PKK merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh PKK di semua jenjang dan tingkatan,” jelas Rosmaida.

Namun, ia berpendapat pembinaan yang dilakukan dalam rangka perlombaan ini sebaiknya tidak hanya dilakukan saat lomba, tetapi juga dilaksanakan setiap saat agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya.

Pemerintah daerah, kata Ketua TP-PKK, menyambut baik kedatangan tim supervisi dengan harapan keberadaan tim di Kabupaten Sergai dapat semakin meningkatkan motivasi para kader PKK untuk lebih berkembang dan baik lagi. Selain itu, dia berharap berbagai program kerja dan aktivitas tim penggerak PKK desa yang positif, dapat ditularkan di desa lainnya di Kabupaten Sergai.

“Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya pembelajaran bagi seluruh kader sehingga PKK desa dapat berfungsi dengan baik dan saling terkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendukung pencapaian visi Kabupaten Sergai, yaitu mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” tutupnya.

Baca Juga:   Cegah Covid-19, Polsek Perbaungan Optimalkan Pengaturan Lalin Di Lima Titik

Ketua Tim Supervisi TP-PKK Provinsi Sumut Riza Vahlevi Lubis mengatakan kegiatan supervisi di desa percontohan dengan tujuan memberikan pembinaan kepada kader PKK.

“Dalam kegiatan supervisi ini, kami melihat bahwa Sergai merupakan salah satu daerah yang paling siap. Oleh karena itu, besar harapan kami bahwa Sergai dapat meraih juara umum dalam lomba yang akan datang. Kami juga mengundang para kader PKK untuk bertanya terkait lomba dan penilaian kami, karena itu merupakan tugas kami sebagai tim supervisi dan pembinaan.

Melalui kegiatan supervisi ini, kami akan melihat sejauh mana kemajuan yang telah dilakukan oleh Bapak dan Ibu di tingkat desa,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, jajaran Kepala OPD, dan rombongan Tim Supervisi Provinsi Sumut. (MS8)