Hankam

Operasi Kamla Selat Malaka, Laksma Yayan Sofyan Cek Kesiapsiagaan Lanal TBA

mediasumutku.com | ASAHAN – Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada (Koormada) I, Laksamana Pertama (Laksma) Yayan Sofyan melakukan pengecekan kesiapsiagaan keamanan laut yang ada di daerah termasuk wilayah Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA), Jum’at (5/1/2021).
Laksamana Pertama (Laksma) Yayan Sofyan, menumpangi KRI Halasan dan tiba di dermaga Panton Bagan Asahan.
Didampingi Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) R H Etwiory, Laksma Yayan salat Jumat di Tanjungbalai, kemudian melihat langsung kondisi markas komando laut TNI AL Tanjungbalai, Asahan di Jalan Tanjungberombang, desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan.
“Kawasan strategis salah satunya Selat Malaka, dimana kita mengoperasikan kapal perang, pesawat udara maupun helikopter. Nah, saya sedang melaksanakan kegiatan operasi keamanan laut di Selat Malaka, nah saya mampir ke sini ingin melaksanakan pengecekan sesuai dengan instruksi Kasal, maupun panglima armada, bagaimana tingkat kesiapsiagaan unsur keamanan laut yang ada di daerah,” kata Yayan.
Pada kunjungan itu, ia pun mengharapkan wilayah perairan laut khususnya pada daerah yang dikunjungi jangan ada gejolak ataupun gangguan keamanan laut maupun wilayah kedaulatannya termasuk penegakan hukum dan pengembangan potensi maritim.
Dikatakan Yayan, Guskamla Koormada I telah berkeliling ke sejumlah daerah memantau secara umum kondisi perairan wilayahnya masing terpantau kondusif dan diharapkan tidak terdapat potensi atau gejolak gangguan wilayah perairan. 
Sementara itu, Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) R H Etwiory dikonfirmasi terpisah mengatakan, selama kurang lebih tiga bulan bertugas mengaku, memiliki tantangan tersendiri dikesatuannya untuk mengawal wilayah perairan mulai dari Kabupaten Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Labuhan Batu Selatan. Salah satunya di komando kesatuan yang dipimpinnya itu tidak tersedianya dermaga.
“Kalau tantangannya kami tak punya dermaga jadi kapal – kapal besar itu tidak bisa bersandar.  Karena memang daerahnya kita yang tidak menunjang sungai disini dangkal,” ujar Etwiory yang baru kali pertama menjabat sebagai Komandan Lanal itu.
Meski hanya berkekuatan kapal patroli kecil berjenis sea rider dan ditopang kekuatan kapal patroli lain pihaknya tetap berupaya menjaga keamanan wilayah laut di daerahnya. (Ms10)