Peristiwa

Pasca Longsor, Arus Lalu Lintas Medan- Berastagi Kembali Normal

MEDAN- Arus Lalu Lintas Arus lalu lintas Medan-Berastagi dan sebaliknya kembali normal, Rabu (17/11/2021). Pembersihan material longsor di Jalan Jamin Ginting Km 50+600, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, berlangsung selama 3,5 jam.

Camat Sibolangit Febri E Gurusinga SSTP MSP mengatakan pembersihan areal longsor dimulai Selasa (16/11/2021) pukul 21.30 hingga Rabu (17/11/2021) pukul 01.00WIB.

“Sedangkan arus lalu lintas dibuka jalur dua arah mulai, Rabu (17/11/2021), pukul 00.30 WIB,” kata Febri Gurusinga, Rabu (17/11/2021),

Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar menambahkan, beberapa personel dan alat berat masih standby di dekat lokasi untuk mengantisipasi longsoran baru dan lainnya.

Dia mengatakan, petugas dan alat berat ekskavator bekerja memindahkan material dengan cara memotong pohon dan membersihkan tanah yang terikut terbawa longsoran, mengamankan jalur dan mengimbau masyarakat di sekitaran agar menjauh dari lokasi.

Porsenil dari lantas menutup/memutar balikkan jalur kendaraan yang menuju Kabupaten Karo mulai dari Simpang Pos, Simpang Selayang, Simpang Tuntungan, dan di depan Mapolsek Pancurbatu.

“Sebaliknya juga yang dari arah Karo ditutup/diputar balikkan kembali ke Kabanjahe di titik Tahura,” sebutnya.

Ia mengatakan sebelum dilakukan pembersihan lokasi longsor, jalur lalulintas belum bisa dibuka, situasi di lokasi gelap, tidak ada penerangan, cuaca hujan, jaringan komunikasi tidak ada sehingga menyulitkan berkomunikasi.

Personel yang diturunkan ke lokasi longsor antara lain dari Satlantas Polrestabes Medan, Polsek Pancurbatu, Balai Jalan Nasional bersama dengan masyarakat. “Untuk korban jiwa dalam kejadian longsor ini tidak ada,” ujarnya.

Sebelumnya, arus lalu lintas Medan-Berastagi dan sebaliknya sementara terputus akibat material longsor menutup badan Jalan Jamin Ginting Km 50, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Selasa (16/11/2021).

“Akses jalan Medan-Berastagi sementara terputus akibat ada longsoran yang menutup badan Jalan Jamin Ginting Km50+600, Desa Bandarbaru, tunda perjalanan,” kata Camat Sibolangit Febri E Gurusinga SSTP MSP.

Dia menambahkan, longsor tersebut terjadi diduga akibat hujan lebat Sekitar pukul 17.45 WIB. “Saat ini material longsor belum bisa dikerjakan karena masih berlangsungnya hujan deras,” ujarnya. (MS11)