Scroll untuk baca artikel
17 AGUSTUS FLYER bu Merry for web square
17 AGUSTUS FLYER pak Budi for web square
previous arrow
next arrow
CALEG PROVINSI SUMUT 2 FLAYER UACPAN 17 AGUSTUS
CALEG PROVINSI SUMUT 4 FLAYER UACPAN 17 AGUSTUS
CALEG PROVINSI SUMUT 2 FLAYER UACPAN 17 AGUSTUS
CALEG PROVINSI SUMUT 4 FLAYER UACPAN 17 AGUSTUS
previous arrow
next arrow
ArtikelBerita SumutHankamHeadlineSumut

Program TMMD ke-117 Kodim 0212/TS di Desa Sitaratoid dan Sitinjak: Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu

×

Program TMMD ke-117 Kodim 0212/TS di Desa Sitaratoid dan Sitinjak: Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu

Sebarkan artikel ini
Satgas TMMD ke 117 Tahun 2023 Kodim 0211/TS bersama warga sekitar Desa Sitaratoid Kec Angkola Barat Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara membangun jembatan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankn aktivitas sehari-hari.

KERJASAMA yang erat antara TNI dan rakyat harus terus terjaga, meskipun program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan berakhir. Keterpaduan dan hubungan emosional yang sudah terbangun selama berlangsungnya program TMMD di Desa Sitaratoid dan Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara diharapkan dapat memacu semangat masyarakat dalam membangun daerahnya ke depan.

“TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sebuah kesempatan di Padangsidimpuan.

Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dengan adanya program TMMD ke 117 di wilayah Korem 023/KS dan Kodim 0212/TS yang dikomandoi langsung Dandim yang juga merupakan Dansatgas Letkol Inf Amrizal Nasution di Desa Sitaratoid dan Desa Sitinjak Kec Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Lebih lanjut Gubsu menyampaikan bahwa kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan TMMD juga diharapkan mampu membangkitkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Tujuan dan sasarannya harus dipahami dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat sehingga dapat memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat,” tandasnya.

Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-117 Kodim 0212/TS yang dikomandoi Dandim 0212/TS sebagai Dansatgas sudah berjalan hampir satu bulan. Program Satgas TMMD dengan membangun dan membuka badan jalan sepanjang 8.200 meter, lebar 8 meter untuk membuka akses bagi masyarakat antara Desa Sitaratoit dengan Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

Danrem 023/KS Kol. Inf Lukman Hakim dalam sebuah kesempatan menjelaskan tujuan TMMD ke-117 Tahun 2023 di wilayah Korem 023/KS yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0212/TS, untuk memperlancar transportasi darat dari Desa Sitaratoit dengan Kelurahan Sitinjak, yang melintasi sejumlah desa sekitar Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-117 2023 mengatakan, acara pembukaan TMMD ke-117 mengatakan, sasaran fisik dari kegiatan TMMD Ke-117 Kodim 0212/TS meliputi pekerjaan pembangunan dan pembukaan badan jalan ukuran 8.200 meter x 8 meter, penggalian parit tanah pinggiran badan jalan sepanjang 8.200 meter x 80 cm x 1 meter, pengerasan badan jalan (Telford) ukuran 317 meter x 4 meter x 15 cm, pembangunan Jembatan berukuran 6 x 5,50 m (sebanyak 8 unit).

Kemudian, lanjut Dansatgas untuk sasaran non-fisik, terdiri dari penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan/sosialisasi pertanian, penyuluhan/sosialisasi pendidikan, penyuluhan/sosialisasi hukum dan kamtibmas, penyuluhan/sosialisasi narkoba, penyuluhan/sosialisasi KB kesehatan, penyuluhan/sosialisasi lingkungan hidup, dan penyuluhan/sosialisasi stunting, Posyandu dan Posbindu PTM.

Baca Juga:   Polres Tanjungbalai Ringkus Kawanan Pencuri dan Penadah
Pembangunan dan pengerasan jalan

Pembukaan Jalan dan Pembangunan Jembatan

Salah satu indikator penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan adalah dengan membangun akses jalan atau infrastruktur jalan dan jembatan yang bisa memperpendek waktu tempuh masyarakat dalam memasarkan hasil usaha taninya. Dengan dibukanya akses jalan, masyarakat yang selama ini kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya menjadi lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan hasil/keuntungannya.

Satgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS saat menjalankan programnya membuka jalan harus berhadapan dengan kenyataan, dimana satu unit mobil colt diesel yang terperosok dengan sigap tim yang ada di lapangan membantu mendorong mobil tersebut agar berhasil lolos dari kubangan lumpur tanah.

Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution melalui anggota Satgas TMMD Letda Inf Arief Naibaho menyampaikan bahwa jalan yang dibuka ini merupakan jalan satu-satunya yang bisa dilalui oleh masyarakat Desa Sitaratoid.

“Pekerjaan pembukaan jalan dan jembatan saat ini hampir selesai. Dengan kemanunggalan TNI, kita bersama masyarakat bersatu agar target kita cepat selesai dan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak,” kata Letda Inf Arief Naibaho.

Satgas bersama masyarakat bergotong-royong agar pembuatan jembatan yang menghubungkan desa ke kota kecamatan cepat selesai. Selain pembuatan jembatan, Satgas TMMD juga melakukan pengerasan jalan.

“Harapan kita bersama, seluruh program TMMD ke-117 yang kita laksanakan tuntas semua dengan hasil yang memuaskan dan maksimal. Pembangunan jalan dan jembatan kiranya dapat memacu semangat masyarakat untuk meningkatkan hasil usaha taninya dan kesejahteraannya juga meningkat,” tandas Dansatgas.

Penyuluhan Lingkungan Hidup

Selain kegiatan fisik, Satgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapsel melaksanakan kegiatan penyuluhan-penyuluhan yang berkaitan dengan lingkungan hidup yaitu berupa sosialisasi kesehatan dengan materi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kegiatan penyuluhan diikuti masyarakat Desa Sitaratoid di MA Nurul Huda Desa Sitaratoid bertujuan agar masyarakat juga mengerti bagaimana menjalani hidup agar tetap sehat, salah satu upayanya adalah dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Semangat gotong-royong yang sudah lama hampir kita lupakan dibangkitkan kembali. Masyarakat diajak untuk saling bekerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat yang mengikuti penyuluhan sangat berterimakasih kepada pihak TNI dan DLH Kab Tapsel yang begitu perduli arti kesehatan kepada masyarakat Desa Sitaratoid.

“Mulai hari ini dan seterusnya kami akan terus melakukan kebersihan seperti gotong-royong dilingkungan kami, dan tidak membuang sampah sembarang,” kata Boru Regar, salah seorang warga Desa Sitaratoid.

Tidak hanya penyuluhan masalah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, para prajurit Kodim 0212/TS yang sibuk dengan kegiatan satuan tugas TMMD masih menyempatkan diri untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Dansatgas TMMD ke 117 Lekol Inf Amrizal Nasution melalui anggota Satgas Serka KH. Tampubolon mengatakan, kepedulian terhadap masyarakat merupakan suatu kewajiban. Apalagi kepada masyarakat diseputaran lokasi TMMD.

Baca Juga:   Terkait Bom Bunuh Diri, Wakapolda Sumut: Pelaku Menyusup Bersamaan Pengurus SKCK

“Semua ini kita kerjakan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Karena TNI merupakan bagian dari masyarakat. Apalagi kita ketahui, kesehatan itu sangat penting bagi siapa pun,” jelas Serka KH Tampubolon.

Pengobatan gratis yang digelar di Desa Sitaratoid mendapat sambutan positif dari masyarakat. Dan, masyarakat sangat merindukan di desa mereka nantinya dibangun Puskesmas agar bisa melayani masyarakat ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Ibu Danrem 023/KS didampingi ibu Dansatgas Kodim TMMD 0212/TS dan ibu Persit lainnya turut membantu prajurit membagikan sembako kepada masyarakat lokasi TMMD

Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas

Tidak hanya masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan, Satgas TMMD juga memberikan penyuluhan hukum sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum dan Kamtibmas.

Penyuluhan hukum dan sosialisasi Kamtibmas disampaikan oleh Dansatgas TMMD ke 117 Kodim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution yang diwakili anggota Satgas TMMD, Kanit Binkamsa Iptu B. Siregar, Aiptu RE. Sitompul, dan Serma Harapan Ritonga di Desa Sitaratoid.

Sebagai bagian dari program non fisik TMMD ke-117 Tahun 2023, kegiatan penyuluhan hukum dan Kamtibmas dilaksanakan selain mewujudkan pembangunan infrastruktur, program TMMD Non Fisik juga dilaksanakan agar masyarakat mengenali hukum dan menjauhi hukuman.

“Tujuan penyuluhan hukum dan kamtibmas ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang hukum kepada masyarakat, agar masyarakat mudah memahami dan melaksanakan aturan tentang hukum yang berlaku. Kita juga mengajak warga masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka, menghindari pertikaian dan keributan sesama warga,” kata Dansatgas.

Masyarakat juga diedukasi untuk melapor dan berkonsultasi ke Polres, Polsek setempat jika menghadapi permasalahan hukum. Tingkatkan Kamtibmas dengan melaksanakan ronda kampung dan kepada orangtua agar memperhatikan pergaulan anak-anaknya yang memasuki remaja, dengan memberikan pemahaman bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

Penyuluhan hukum yang digelar juga sekaligus mengingatkan masyarakat bahwa narkoba saat ini sudah menyebar sampai ke desa-desa. Orangtua diharapkan benar-benar dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya.

Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution berikan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Selain berpacu untuk menjalankan program fisik seperti pembangunan jalan dan jembatan serta pengecatan rumah ibadah seperti masjid, Tim Satgas juga melaksanakan pembekalan materi “Wawasan Kebangsaan” kepada masyarakat dan peserta didik SMA Negeri 1 Angkola Barat, Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara.

“Pada hakikatnya, terkait dengan pembangunan kesadaran berbangsa dan bernegara, sesuai amanah UUD 1945 yaitu dengan menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan. Bangsa dan Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa suku bangsa yang mendiami banyak pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan beragam bahasa dan adat istiadat kebudayaan serta agama yang berbeda-beda,” demikian disampaikan Dansatgas TMMD ke 117 Kodim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution melalui Pasiter Kodim 0212/TS Letda Inf Surkani Nasution saat menyampaikan materinya terkait wawasan kebangsaan.

Lebih lanjut Letda Inf Surkani Nasution menyampaikan dengan memiliki kesadaran atas tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang menghormati lambang-lambang negara dan mentaati peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:   Rakor dengan Kemenko Polhukam, Kajati Sumut Idianto Sampaikan Perkara Narkotika Masih Mendominasi

“Jadi, sumber dari segala sumber hukum.yang harus senantiasa menjiwai pola pandang, sikap, penghayatan dan prilaku seluruh warga negara Indonesia adalah dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Pentingnya pembekalan wawasan kebangsaan kepada masyarakat dan pelajar, menurut Pasiter agar ke depan bangsa ini tidak sampai kehilangan jati dirinya. Ke depan, generasi muda kita semakin menyadari dan mencintai negaranya, mencintai tanah air kelahirannya.

Di kesempatan terpisah, Dandrem 023/KS Kol. Inf Lukman Hakim mengatakan bahwa program penguatan Bela Negara bagi generasi muda juga sangat penting dilaksanakan. Terutama kepada generasi muda yang yang pernah terpengaruh narkoba, anak-anak yang suka nge-lem, dan yang lainnya hasil razia dari Satpol PP.

“Karena, anak-anak ini adalah generasi bangsa yang harus terus kita bimbing. Mereka lah nantinya yang akan menjadi penerus bangsa ini. Kalau tidak kita edukasi sejak dini, dikhawatirkan bangsa ini akan kehilangan generasi yang cerdas dan berkarakter,” jelasnya.

Pengecatan Masjid

Berkesinambungan

Program TMMD ke-117 Tahun 2023 Kodim 0212/TS yang dikomandoi oleh Dansatgas Letkol Inf Amrizal Nasution di Desa Sitaratoid dan Kelurahan Sitinjak dalam waktu dekat akan berakhir. Program ini mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, terutama dari masyakat yang merasakan langsung dampaknya.

Ketua Partai Nasdem Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara H. Roby Agusman Harahap sangat mengapresiasi pelaksanaan TMMD di Tapsel. Bahkan selalu mendukung setiap pelaksanaan TMMD di Tapanuli Selatan.

“Hasil dari pembangunan yang dilaksanakan TMMD sejauh ini sangat memuaskan, serta memberikan kebanggaan bagi masyarakat. Khususnya masyarakat Desa Sitaratoid Kec Angkola Barat Kabupaten Tapsel, Sumut. Program TMMD ini sangat membantu. Terutama mereka yang berada di kelurahan atau di pedesaan. Kami dari pihak dewan tentu merasa puas atas hasil dari program TMMD yang sudah berjalan selama ini,” kata Roby.

Tak lama lagi, program ini akan berakhir dan dampaknya sangat terasa bagi masyarakat di Desa Sitaratoid dan Kelurahan Sitinjak. Pembangunan jalan dan jembatan telah membuka akses bagi masyarakat untuk memasarkan hasil usaha taninya. Tidak hanya memudahkan, pembangunan jalan dan jembatan juga semakin mempersingkat waktu masyarakat dalam mendapatkan keuntungan dari hasil usaha taninya.

Kebersamaan yang terjalin selama berlangsungnya Program TMMD ke-117 Tahun 2023 Kodim 0212/TS yang dikomandoi oleh Dansatgas Letkol Inf Amrizal Nasution di Desa Sitaratoid dan Kelurahan Sitinjak semakin mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat. Kebersamaan yang terjalin selama ini semakin mesra ketika TNI dan masyarakat bahu membahu membangun jalan, makan bersama dan mendapat penyuluhan berbagai hal dari kemanunggalan TNI. Masyarakat berharap, ke depan program seperti ini bisa berkesinambungan agar kemesraan yang terjalin selama ini tidak cepat berlalu, seperti lagu Iwan Fals “Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu” (Oleh : Winda Susanti)