Berita Sumut Headline Medan Politik

PSMTI Rayakan HUT RI Ke-77 Tahun, Wong Chun Sen : Generasi Muda Harus Miliki Semangat Juang 45

MEDAN-Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Upacara Bendera HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan RI di Jalan Pancur Batu, Sidodadi, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Rabu (17/8/2022).

Selain PSMTI Sumut, upacara juga dihadiri, PSMTI kota Medan Johan Tjongiran, SH hingga PSMTI Kecamatan se-Kota Medan, anggota DPRD Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd, Sukiran, SH, Ketua DPD Walubi Sumut Brilian Moktar, Umat Buddha Nusantara (UBN), para panitia penyelenggara acara 17 Agustus 2022 dan para tamu undangan lainnya.

Pantauan awak media dilokasi, dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun, warga Tionghoa yang hadir semangat dan antusias mengikuti peringatan HUT RI yang diadakan setiap tahunnya, mulai dari melaksanakan upacara bendera hingga mengadakan perlombaan tujuh belasan.

Pada kesempatan ini, Ketua Harian PSMTI Sumut, Joko Dharmanadi mengatakan, Ini adalah momen yang sangat berharga bagi Indonesia yang dirayakan setiap tahunnya pada 17 Agustus.

“Tentu saja ini suatu momen dimana kita mengenang jasa para pahlawan, sehingga menjadi suri tauladan kita dalam mengisi hari kemerdekaan. Dengan rasa nasionalis tinggi, kita bekerja untuk membangun Indonesia agar memiliki masa depan yang lebih jaya dan adil,” sebutnya.

Tentunya dalam persaingan yang ketat ini, sambungnya, kita perlu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kita di Indonesia. Kita tidak bisa menggandalkan Sumber Daya Alam (SDA) saja, tapi harus ada penduduk sebagai warga negara kita juga yang harus memiliki SDM yang baik untuk mengelola SDA kita sebaik-baiknya. “Jadi, kita dukung setiap langkah pemerintah sekarang terutama Presiden Jokowi untuk membangun lebih bagus sehingga dapat berbenah untuk meningkatkan SDA kita juga,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Medan juga sempat memberikan tanggapannya mengenai perayaan HUT RI ke-77 pada tahun ini. Ia menyebutkan, meskipun di tahun 2022 pandemi tidak seperti tahun sebelumnya, masyarakat Kota Medan yang merayakan hari Kemerdekaan harus tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Diingatkan kembali untuk masyarakat Kota Medan yang memeriahkan HUT RI, jangan lupa dengan prokesnya dan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Untuk generasi muda juga jangan mau kalah dengan para pejuang kita yang sudah berjuang memerdekakan Indonesia. Kalau dahulu masyarakat melawan penjajah dan sekarang maayarakat juga harus bisa berjuang sesuai dengan perkembangan zaman seperti beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak tertindas atau terjajah lagi,” ucap Wong yang juga politisi dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan ini.

Di usia Indonesia 77 tahun, lanjut Wong semoga pertumbuhan ekonomi dinegara kita ini semakin membaik. “Pandemi Covid-19 tahun 2022 tidak seperti sebelumnya. Saya harap Pemko Medan bersama dengan masyarakat juga dapat berkolaborasi untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Tidak hanya itu saja, Kita juga harus punya semangat juang, semangat 45 seperti para pejuang zaman dahulu untuk membangkitkan perekonomian yang lebih baik lagi. Saya ucapkan, selamat Hari Ulang Tahun untuk Indonesia yang ke-77 Tahun, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tandas Wong yang juga Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan.