Sumut

Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam I/BB Panen Raya Padi

mediasumutku.com | Medan : Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc berharap, masyarakat bisa mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah. Diantaranya dengan memanfaatkan halaman rumah atau lahan tidur untuk ditanami sayuran dan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pangdam I/BB ketika melaksanakan panen raya padi dan meresmikan galeri pertanian modern perkotaan Kodim 0201/BS di Komplek Pamen Gaperta di Jalan Gaperta VIII, Medan Helvetia, Selasa (1/9/2020).

Pandemi covid-19, kata Pangdam, diprediksi akan berimbas dengan krisis ekonomi Oleh sebab itu, penanaman ini sebagai langkah untuk mengantisipasi ketahanan pangan.

Diharapkannya, panen raya kali ini bisa menjadi role model atau contoh bagi masyarakat dan instansi untuk memanfaatkan lahan tidur.

“Mari sukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan. Karena diprediksi ketersediaan pangan akan bermasalah kalau situasi pandemi ini berlangsung terus,” urainya.

Dalam hal ini lanjut Pangdam, jajaran Kodam I/BB bukan mengambil alih tugas pertanian tetapi justru bergerak untuk memperkuat dalam rangka mencukupi kebutuhan bidang pangan.

“Babinsa akan menjadi ujung tombak guna mendorong masyarakat dan mencari petani hingga pendamping yang berkeinginan bekerja di sektor pertanian,” jelas jenderal bintang dua ini.

Pangdam memberikan apresiasi kepada Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar, petani dan unsur terkait yang telah bergerak dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di tengah ancaman krisis akibat covid-19.

“Ini menunjukkan bahwa kendati di tengah kota, bukan berarti kita tidak bisa memanfaatkan lahan tidur,” pungkasnya.

Sementara galeri pertanian modern perkotaan, hanya dengan lahan seluas 6×40 meter dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan cara penanaman modern dengan metode hidroponik dan aquaponik. Jenis yang ditanam yakni sawi, cabai, terong, kangkung, kunyit, jahe yang ditanam dalam polybag. Lahan galeri pertanian juga digunakan sebagai lahan peternakan berupa sapi jenis simental 3 ekor, domba 10 ekor, ayam kampung lele, mujair, dan belut.

“Dengan panen raya ini dapat diikuti oleh jajaran lainnya maupun masyarakat Medan, Sehingga dapat mengantisipasi perkembangan situasi yang saat ini pandemi covid-19 dan akan memungkinkan kelangkaan pangan,” harap Pangdam

Kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat Medan agar menjadi mandiri dalam ketahanan pangan, dalam hal ini Kodim 0201/BS dengan tangan terbuka siap bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mewujudkam ketahanan pangan.

“Kedepan masyarakat bisa menerapkan pertanian modern ini di halaman rumah masing-masing,” tandasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut Pangkosekhanudnas III, mewakili Danlantamal I Belawan, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Kapolrestabes Medan, para Asisten Kasdam, Danyon BS Medan, para pimpinan OPD Pemko Medan, dan tamu undangan lainnya. (MS9)