Sumut

Pemkab Asahan Peringati HUT ke 76

ASAHAN – Peringatan Hari Jadi ke-76 Kabupaten Asahan Tahun 2022, diawali paripurna istimewa di DPRD Asahan, Selasa (15/3/2022).

Ketua DPRD Asahan H. Baharuddin Harahap, dalam sambutannya mengatakan, momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan harus menjadi daya dorong atau motivasi bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan di daerah ini untuk berpacu membangun dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor pembangunan untuk terwujudnya masyarakata Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Di tengah pandemi covid-19 yang terjadi di negeri kita ini bahkan melanda seluruh dunia, Kabupaten Asahan masih diberi kesempatan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita masih dapat memeriahkan Hari Jadi ke-76 Kabupaten Asahan Tahun 2022, ini merupakan hal yang patut kita syukuri bersama. Untuk itu dengan semangat Hari Jadi Kabupaten Asahan ini mari bersama kita menghadapinya yakni dengan tetap mematuhi Prokes untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan variannya,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatam itu, ia mengajak momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan ini dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Sebelum memberikan pidatonya Bupati Asahan H. Surya, BSc beserta Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya mendengarkan sejarah singkat Kabupaten Asahan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si.

Setelah selesai mendengarkan sejarah singkat Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan pidatonya yang mengatakan, walaupun hari jadi ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, namun tidak mengurangi kekhidmatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan yang kita cintai ini.

Selanjutnya Bupati Asahan mengatakan, rentang sejarah selama 76 Tahun ini merupakan perjalanan panjang Kabupaten Asahan untuk terus tetap eksis dalam menyelenggarakan tata kelola Pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel.

Dalam kesempatan itu Surya meminta kepada masyarakat untuk selalu mendukung program-program pembangunan daerah yang saat ini sedang kita jalankan, bahwa dalam memajukan Kabupaten Asahan saat ini kita lebih memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat dengan melaksanakan 10 program prioritas antara lain digitalisasi birokrasi, peningkatan SDM (SDM Tangguh), ekonomi mandiri, peningkatan fasilitas kesehatan (Asahan Sehat), peningkatan pembangunan pendidikan (Asahan Cerdas), pembangunan infrastruktur (Infrastruktur Kuat), peningkatan perilaku religius (Asahan Religius), lingkungan berbasis partisipatif, pembangunan parawisata (Asahan go Wisata) dan penanggulangan dan percepatan vaksinasi (Asahan Perang Covid-19).

“Dengan dilaksanakan dan ditingkatkannya program diatas, diharapkan kita mampu untuk melangkah secara berkesinambungan demi terwujudnya masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” ungkap Bupati Asahan.

Beberapa kegiatanjelang HUT Asahan digelar, diantaranya kegiatan donor darah dan cek gula darah di RSUD HAMS Kisaran, Pameran Hari Jadi Kabupaten Asahan, Penyeraharan Buku Rekening ONH Tahun 2021 dan penerima kredit bergulir, penyerahan plakat bagi pendiri UNA, Acara Gowes bersama sekaligus penanaman 1.000 pohon di Hutan Kota, Penanaman mangrove di Kecamatan Silau Laut dan kegiatan tabligh akbar bersama ustadz Daats Latif yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2022. (MS10)