Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Artikel

Anda Harus Jaga Yang ini, Agar Rendang Daging Berwarna Hitam

×

Anda Harus Jaga Yang ini, Agar Rendang Daging Berwarna Hitam

Sebarkan artikel ini

MediasumutkuI-Sudah menjadi stigma ditengah masyarakat, rendang yang lezat itu wajib hitam. Padahal tidak juga harus seperti itu. Tapi jargon ini sudah begitu melekat. Nah, penasaran bagaimana caranya memasak rendang agar hitam, seperti layaknya rendang Padang.

Rendang memang bukan makanan murah. Bagaimana tidak, harga daging sapi saja sekilo bisa mencapai Rp120 ribu. Belum lagi bumbu-bumbunya—kunci kelezatan rendang ada pada bawang merah yang banyak. Ditambah lagi pemakaian kelapa. Tidak heran kalau banyak yang berhemat dalam pemakaian kelapa saat memasak rendang, padahal justru di sini  kesalahan yang membuat rendang berwarna cokelat, bukan agak hitam.

Setidaknya perlu tiga butir kelapa untuk memasak 1 kg daging rendang. Jumlah kelapa ini juga yang membuat rendang di rumah makan Padang tampak berminyak, beroma sedap, dan menggiurkan. Anda akan mendapat hasil yang lebih baik jika menggunakan kelapa tua. Jika ingin lebih mantap, tambahkan segenggam kelapa parut yang lebih dulu disangrai dan dihancurkan ke dalam adonan rendang saat santan sudah hampir surut.

Baca Juga:   Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana : Smart Farming, Memadukan Kualitas SDM dan Teknologi yang Digunakan

Jangan sampai pecah santan
Memasak rendang membutuhkan kesabaran. Awal mulanya masakan ini ditujukan untuk mengolah daging kerbau yang keras. Akhirnya para ahli masak di Minang mencari cara untuk melembutkan daging, yaitu dengan memasaknya dalam waktu lama. Konon ibu-ibu zaman dulu memasak rendang hingga dua hari. Jika dimasak setengah hari maka menjadi masakan Kalio. Setelah itu didiamkan, baru besoknya dilanjutkan hingga bumbu kering.

Lama memasak ini jugalah yang membuat rendang bisa berwarna hitam. Jika Anda menggunakan daging sapi, memang tidak butuh hingga semalaman. Namun begitu tetap perlu memasak rendang dengan api kecil begitu santan mendidih. Serta yang paling membutuhkan kesabaran adalah Anda harus rajin mengaduk-aduk rendang agar santan tidak pecah. Teruslah mengaduk sampai santan menyusut dan Anda perlu menyiapkan tenaga untuk terus mengaduk hingga bumbu mengering. Bila nekat meninggalkan rendang sebentar saja, bumbu akan gosong.

Baca Juga:   Mendambakan Keadilan Sosial

Ada kalanya kita ingin menambahkan kentang dalam rendang daging. Enak, sih…. tapi hasilnya rendang jadi kurang hitam. Nah, jika ingin menambahkan rasa lain dalam rendang, sebaiknya tambahkan hati sapi saja. Kabarnya, hati sapi ini bisa membantu rendang berwarna pekat.