Berita Sumut Headline Nasional Sumut

Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Edy Rahmayadi Bangga Indonesia Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, secara virtual dari Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (16/8).

Hadir di antaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Rahmansyah Sibarani, Irham Buana Nasution, dan Misno Adi Syahputra. Kajati Sumut Idianto, SH,MH, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, serta unsur Forkopimda lainnya.

Usai mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku bangga dengan keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid-19. Serta sejumlah capaian Indonesia, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato kenegarannya.

“Tentunya kita bangga dengan keberhasilan Indonesia mengendalikan Covid-19. Perekonomian Indonesia juga terus tumbuh positif. Semoga ke depan semakin lebih baik lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga berpesan kepada para generasi muda agar tetap menjaga dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangakan oleh para pejuang, demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Masa depan Bangsa Indonesia berada di tangan generasi muda bangsa ini, karena Indonesia memiliki cita-cita luhur yang harus diperjuangakan untuk kemajuan anak bangsa,” ujar Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, dalam pidato kenegaraannya dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 yang dipimpin Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, di Gedung Parlemen, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo antara lain menyampaikan di tengah tantangan yang berat, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, karena termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

Selain itu, katanya, inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%, jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%. Ekonomi juga berhasil tumbuh positif di angka 5,44% pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut. “Dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp364 triliun,” katanya.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, katanya, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh, karena dukungan masyarakat hingga birokrasi yang saling bersinergi dalam menghadapi hal ini. Itu berarti, Indoensia juga Insya Allah, mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik pula.

“Inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Indonesia, selain sumber daya alam, bonus demografi dan kepercayaan internasional yang terus meningkat, sehingga Indonesia berkesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan,” katanya.