Berita Sumut Headline Sumut

Desa Buluh Duri Bawa Pulang Prestasi di ADWI, Pemkab Sergai Gelar Syukuran

SERGAI – Prestasi Desa Wisata Buluh Duri dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 merupakan bukti semangat gotong royong dan kerja sama luar biasa dari semua pihak.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat menghadiri acara syukuran kemenangan Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis dalam ajang ADWI 2022, di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Acara syukuran ini dilaksanakan di Pendopo Kerajaan Negeri Bedagai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (2/11/2022).

Bupati Sergai menyampaikan rasa bangga dan apresiasi tinggi atas kesatuan gerak dan totalitas seluruh pihak terkait.

“Saya dan Pak Wakil tentu tidak bisa bergerak sendirian. Ini berkat koordinasi yang solid. Sokongan seluruh pihak, dari atas ke bawah, benar-benar terlihat,” puji Bupati.

Di kesempatan ini Bupati juga menyinggung fenomena unik yang ia amati. Ia menyebut, belakangan para pemimpin perempuan terlihat tampil kedepan dengan capaian prestasi yang membanggakan.

“Pada HUT RI yang lalu, saya melihat bagaimana salah satu kompetisi yang digelar, para pemenang semuanya perempuan. Lalu tadi juga dalam kegiatan PKK, yang berprestasi pun perempuan. Lalu pada hari ini, kita saksikan bersama, Kepala Desa Buluh Duri, Ibu Dewi Yanthi Purba, juga seorang perempuan hebat, bisa membuktikan diri pada ajang tingkat nasional,” ucapnya.

Menurut Darma Wijaya, semua ini mungkin terjadi berkat kemauan yang kuat. Selain itu, ia pun meminta untuk selanjutnya apa yang sudah baik agar tetap dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan.

“Kami memiliki keseriusan untuk meningkatkan kualitas pariwisata, tidak hanya di Desa Buluh Duri, namun di semua objek wisata andalan yang dimiliki Sergai. Sesuai dengan program yang kami canangkan dalam Sapta Dambaan, yaitu Wisata Maju Terus,” katanya lagi.

Terakhir, Bupati menyampaikan jika dalam waktu dekat akan dibangun infrastruktur jalan di area wisata Buluh Duri, utamanya menuju lokasi rafting atau arung jeram. Namun ia mengingatkan agar warga memiliki rasa kepemilikan terhadap fasilitas yang telah dibangun pemerintah.

“Saya tak bosan-bosan mengingatkan agar warga menjaga dengan baik hasil pembangunan yang telah dilaksanakan. Rawat dengan sungguh-sungguh supaya fasilitas tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya dalam waktu yang panjang,” pungkasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, mengapresiasi Bupati Sergai atas capaian penting yang diperoleh Desa Wisata Buluh Duri.

Menurut Sekdakab, tanpa campur tangan dan perhatian Bupati, hasil yang diraih mungkin bakal berbeda.

“Pengaruh Pak Bupati begitu terasa dalam keberhasilan Desa Buluh Duri di ajang ADWI. Beliau benar-benar menunjukkan perhatian besar lewat arahannya yang singkat, padat, namun sangat jelas, yang kemudian langsung kami terjemahkan dengan sebaik-baiknya,” kata Faisal.

Pada kesempatan serupa, Kepala Desa Buluh Duri Dewi Yanthi Purba pun berulang kali mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan memberi sokongan besar bagi keberhasilan desa yang ia pimpin.

“Terutama kepada Pak Bupati, yang memberi support luar biasa sejak awal ajang ADWI ini dimulai. Kami persembahkan prestasi ini kepada seluruh masyarakat Sergai,” ucapnya dalam isak haru.

Pada acara syukuran ini, Bupati Sergai dan Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menerima ucapan terima kasih dalam bentuk panganan ayam holat, khas Simalungun.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, Kabag, Camat, para kepala desa se-Kecamatan Sipispis, pengurus BUMDes Buduma, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. (MS8)