Teknologi

Nataru, Telkomsel Proyeksikan Trafik Layanan Data Alami Peningkatan

MEDAN-Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38 persen dan malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08 persen dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian.

“Seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 23,42 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen, layanan streaming video meningkat sekira 27.44%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17 persen,” ujarnya, Selasa (21/12/2021).

Kemudian akses browsing naik 27,92 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29 persen. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25 persen, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5 persen.

“Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan perbatasan negara, melengkapi lebih dari 247.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95 persen wilayah populasi di seluruh pelosok negeri,” katanya.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, momen Natal dan Tahun Baru merupakan perayaan yang sangat diharapkan menjadi momen bahagia oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, dengan mengusung tema #TerusNyalakanSemangat, kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan tersebut dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan aktivitas digital pelanggan yang didukung channel layanan pelanggan berbasis digital,” ujarnya.

Pihaknya berharap, komitmen Telkomsel untuk selalu memberikan terbaik melalui penyediaan produk dan layanan yang customer-centric, dapat menemani keseruan pengalaman pelanggan di momen yang penuh semangat berbagi dan kebangkitan serta harapan yang baru.

Dalam menyalakan semangat berbagi kebahagiaan bersama masyarakat, pada momen NARU ini Telkomsel juga menggelar rangkaian program CSR sebagai wujud syukur atas capaian dan perjuangan yang sudah dilakukan di tengah situasi pandemi yang masih menantang di tahun ini.

“Program tersebut difokuskan untuk memberikan bantuan modal, paket sembako dan suplemen, serta donasi kepada anak negeri yang terdiri dari anak yatim piatu yang terdampak pandemi, masyarakat kurang mampu dalam kondisi sakit, pemilik usaha kecil terdampak pandemi, tenaga kesehatan, serta pengelola tempat ibadah dan yayasan,” pungkasnya. (MS11)