Peristiwa

Masyarakat Asahan Diharap Waspadai Banjir Karena Curah Hujan Tinggi

Asahan – Sedikitnya 39 desa atau kelurahan yang berada di 16 Kecamatan di Kabupaten Asahan merasakan langsung banjir atau genangan air dampak dari curah hujan yang intensitasnya tinggi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Harry Naldo Tambunan, dal keterangannya kepada wartawan, Sabtu (5/11/22) mengatakan, setidaknya ada beberapa daerah yg harus mewaspadai terjadinya banjir akibat tingginya cura hujan tersebut.

“Setidaknya ada 39 desa dan kelurahan yang terdampak. Pemerintah Kabupaten Asahan melalui BPBD dan OPD terkait bersinergi untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir tersebut dengan membuat posko serta menyalurkan bantuan sembako yang dipergunakan untuk keperluan dapur lapangan yang telah dibentuk oleh masyarakat ,” kata Harry Naldo.

Kepala BPBD juga menyampaikan bahwa dari hasil pantauan BMKG hingga 5 hari ke depan, kondisi cuaca masih berpotensi ekstrim.

Terpisah, Bupati Asahan melalui Kadis Kominfo Syamsuddin, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan akan memberikan batuan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari curah hujan yang tinggi saat ini.

“Namun, Bupati juga berharap agar masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi bila curah hujan tak kunjung mereda”, ujar Syamsuddin. (MS10)